Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus

Pengertian Laba, Teori , dan Rumus - Didalam menjual barang sebagai hasil produksi suatu perusahaan, produsen berusaha untuk mendapatkan harga yang setinggi-tingginya. Dengan segala daya upaya diusahakannya mempengaruhi konsumen agar konsumen bersedia membeli barang-barang yang dihasilkannya itu dengan harga yang tinggi. Jalan yang paling umum ditempuh untuk mempengaruhi konsumen adalah dengan promosi.

 Didalam menjual barang sebagai hasil produksi suatu perusahaan Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus

Dalam ekonomi, hubungan jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang  dinamakan penawaran (supply). Kurva penawaran bersudut positif berarti perubahan harga barang dengan perubahan jumlah barang mempunyai hubungan searah. Artinya kalau harga naik, maka jumlah yang ditawarkan bertambah, begitu sebaliknya. 

Hubungan antara faktor produksi dengan produk untuk mencapai keuntungan maksimum (Profit Maximization), berpegang pada syarat : (cara menghitung laba)
p =  TR – TC
dimana :
p : keuntungan
TR : Total Revenue (penerimaan)
TC : Total Cost (total biaya)
p =  Pq. Q – X. Px
Syarat  p maksimum adalah turunan pertama p sama dengan nol, maka :
 Didalam menjual barang sebagai hasil produksi suatu perusahaan Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus
Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan bahwa untuk mendapatkan keuntungan maksimum, pengusaha harus menghasilkan barang sebanyak jumlah tertentu, dimana marginal cost sama dengan harga satuan produk tersebut. 

Namun apabila harga satuan lebih kecil dari titik minimum biaya variabel rata-rata, pengusaha tersebut tidak mau mengusahakan atau menawarkan barangnya karena biaya variabel yang dikeluarkan tidak dapat tertutupi dari hasil penjualan. Jadi dapat disimpulkan bahwa kurva biaya marjinal (MC) yang berada di atas titik minimum biaya variabel rata-rata adalah merupakan kurva penawaran dari barang tersebut. 

Titik minimum kurva biaya variabel rata-rata merupakan titik awal perusahaan mulai berproduksi, karena apabila harga produk sama dengan biaya variabel rata-rata berarti biaya variabel rata-rata sudah tertutupi dan pengusaha berharap biaya tetap rata-rata akan tertutupi pada saat dilakukan pengembangan usaha.

Contoh Perhitungan Laba Rugi Usaha Penjualan

 Didalam menjual barang sebagai hasil produksi suatu perusahaan Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus
Contoh Perhitungan Laba Rugi Usaha Penjualan
Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Laba / Keuntungan Usaha, Teori, Contoh, dan Rumus yang kami rangkum dari berbagai macam sumber bacaan kami. Semoga bermanfaat dalam pembuatan makalah anda. Mohon Maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 

Sumber: Hariyati, Yuli. 2007. Ekonomi Mikro. Jakarta: CSS.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel