#6 Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna (PENTING)
Sunday, February 25, 2018
Edit
Seperti yang di jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen sangat banyak dan tidak terbatas. Berdasarkan pengertian tersebut timbul suatu pertanyaan yang mendasar terkait dengan apakah kelebihan dan kekurangan dari pasar persaingan sempurna tersebut ?
Pada kesempatan kali ini, admin akan mengajak teman - teman sekalian memahami apa saja kelebihan dan apa saja yang menjadi kekurangan dari pasar tersebut. berikut adalah ulasan lengkapnya yang penting untuk temen - temen ketahui dan memasukkannya dalam makalah pasar persaingan sempurna.
Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
#1 - Individu dan Swasta Memiliki Hak atas usahanya
Para pelaku usaha dalam pasar persaingan sempurna memiliki hak secara utuh dan legal, baik itu usaha milik pribadi ataupun swasta. Pemerintah tidak memiliki wewenang untuk ikut campur secara langsung dalam usaha tersebut. Namun, di sisi lain pemerintah memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan produk dan harga produk yang ada di pasar persaingan sempurna.
Para pelaku usaha memiliki kebebasan dalam usahanya masing - masing untuk meningkatkan produksi, kualitas atau harga jual atas produk itu sendiri demi mendapatkan keuntungan yang maximal. Namun tidak terlepas dari kompetisi usaha yang ada dalam pasar persaingan sempurna.
#2- Perkembangan Ekonomi yang Cepat
Kebebasan para pelaku usaha dalam mengatur kegiatan usahanya, memberikan kesempatan luas bagi mereka untuk terus berkembangan dan meningkatkan keuntungan. Hal tersebut juga akan berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi, baik di tingkat regional maupun nasional.
Dalam pasar persaingan sempurna, semakin banyak para usaha yang menggunakan kesempatan luas mengembangkan usaha, maka akan semakin berkembang tingkat perekonomian di tingkat wilayah tersebut.
#3- Konsumen Memiliki Banyak Pilihan
Banyaknya para pelaku usaha dan banyaknya produk yang homogen dalam pasar persaingan sempurna memberikan berbagai macam pilihan kepada komsumen untuk memilih produk yang akan di belinya. Tentunya kualitas dan harga produk yang bersaing akan menjadi pertimbangan penting bagi para konsumen dalam memilih produk. Umumnya, konsumen akan memilih produk yang berkualitas atau memiliki kuantitas yang banyak dengan harga yang murah seperti yang berlaku pada hukum permintaan.
Hukum permintaan berbunyi semakin rendah harga suatu barang atau jasa, maka akan semakin bayak permintaan atas barang atau jasa tersebut, begitu juga sebaliknya, apabila semakin tinggi harga suatu barang atau jasa maka akan semakin sedikit permintaan terhadap barang atau jasa tersebut.
Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
#4 - Produsen Sulit dalam Berinovasi
Salah satu ciri - ciri pasar persaingan sempurnya adalah terdapat banyak produk yang homogen. Homogenitas dari produk atau jasa yang ada pada pasar persaingan sempurna akan sulit untuk berinovasi dan mengembangkan usaha. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pesaing usaha dengan produk atau jasa sejenis dalam pasar tersebut.
Pelaku usaha atau produsen yang selalu melakukan inovasi dan mampu meningkatkan kualitas produk atau jasa dengan harga yang ada di bawah harga rata - rata produk homogen lah yang akan terus bertahan dan akan mendapatkan banyak keuntungan. Oleh karena itu, produsen di tuntut untuk selalu berinovasi sesuai dengan perkembangan kebutuhan yang di kehendaki oleh para konsumen. Apabila produsen tersebut tidak mampu berinovasi, maka dia akan kalah dalam pasar persaingan sempurna
#5 - Peningkatan produksi Lambat
Produsen dalam pasar ini cenderung kurang meningkatkan kuantitas produksi atau dengan kata lain peningkatan produksi yang lambat. Banyaknya produsen, produk, serta harga produk yang homogen menjadi pertimbangan dalam meningkatkan usaha. dalam kondisi yang demikian akan berlaku hukum penawaran.
Hukum penawaran berbunyi semakin tinggi harga suatu barang atau jasa, maka semakin banyak jumlah barang atau yang bersedia diwarkan, begitu juga sebaliknya, apabila semakin rendah harga suatu barang atau jasa, maka akan semakin sedikit jumlah barang atau jasa yang bersedia ditawarkan.
#6 - Konflik antara Produsen
Kompetisi usaha dalam pasar persaingan sempurna sangatlah tampak begitu jelas apabila di hadapkan dengan produk dan harga yang homogen. Para produsen bersaing dan berusaha untuk mendapatkan konsumen sebanyak - banyaknya. Dalam persaingan tersebut, tidak sedikit produsen yang melakukan berbagai macam cara untuk bersaiang dengan produsen lain yang dapat berupa peningkatan kualitas produk, penurunan harga, dan optimalisasi strategi pemasaran produk.
Demikian ulasan artikel kami terkait denagn Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna yang penting untuk temen - temen ketahui. Semoga bermanfaat dalam pengetahuan dan dalam pembuatan makalah pasar persaingans sempurna anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.