RPP Matematika kelas VIII model Jigsaw
Thursday, June 1, 2017
Edit
RPP Matematika kelas VIII model Jigsaw
Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah seperangkat skenario yang di buat oleh guru yang berisi langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi tertentu. Penyusunan RPP mata pelajaran matematika harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, pemilihan model yang tepat yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan akan sangat membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. Pembelajaran jigsaw adalah salah satu model yang menekankan pembelajaran berbasis kelompok yang bersifat kooperatif. penyusunan RPP model jigsaw harus mengedepankan langkah langkah pokok model pembelajaran jigsaw. Bapak ibu ada yang sedang membuat PTK model Jigsaw berikut saya bagikan RPP matematika untuk kelas VIII SMP materi Bangun Ruang Sisi datar.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Siklus 2
Nama Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 5. Mamahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 5.3. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas.
Indikator : menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
Alokasi Waktu : 5 x 40 menit (2 pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
- Siklus kedua
Peserta didik dapat menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Bangun ruang sisi datar
Menemukan dan menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
C. Metode Pembelajaran
Metode : ceramah , tanya jawab
Model : Pembelajarankooperatif model Jigsaw
D. Langkah-langkah Kegiatan.
Ø Pertemuan 1
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan : 1. Guru meminta siswa berdoa dan mengucapkan salam 2. guru menyampaikan tujuan pembelajaran 3. guru menyampaikan apersepsi materi 4. memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi yang akan disajikan. 5. Guru menjelaskan prosedur pembelajaran yang akan dilaksanakan | 10 menit |
2. | Kegiatan Inti : 1. Siswa dibagi 6 kelompok yang heterogen. 2. Masing masing kelompok asal diberi tugas berupa 4 permasalahan matematika, masing-masing anggota kelompok asal mendapat satu materi, yaitu materi volume kubus,volume balok, volume prisma, volume limas.. Anggota kelompok yang mendapatkan materi volume kubus disebut ahli kubus, anggota kelompok yang mendapat materi volume balok disebut ahli balok, anggota kelompok yang mendapatkan materi volume prisma disebut ahli prisma, anggota kelompok yang mendapatkan materi volume limas segi disebut ahli limas. 3. Kemudian masing-masing ahli kubus berkumpul menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli kubus. Masing-masing ahli balok berkumpul menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli balok. Masing masing ahli prisma berkumpul menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli prisma, masing-masing ahli limas berkumpul menjadi satu kelompok disebut kelompok ahli limas. 4. masing masing kelompok ahli yang beranggotakan 6 siswa mendiskusikan materi masing masing. 5. Masing-masing siswa dari kelompok ahli kembali ke kelompok asalnya untuk menjelaskan kepada teman di kelompok asalnya tentang materi yang didiskusikan ketika di kelompok ahli. 6. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja dari kelompoknya, dan ditanggapi oleh kelompok yang lain. 7. Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan. 8. Penguatan dan kesimpulan secara bersama-sama. | 100 menit |
3. | Penutup 1. Siswa dibantu guru melakukan refleksi pembelajaran 2. Siswa diberikan angket motivasi siswa untuk diisi 3. Siswa membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari, dan siswa diberikan pekerjaan rumah. | 10 menit |
Pertemuan ke 2
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan : a. Guru member salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar. b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi ini. c. Guru meminta siswa untuk persiapan mengikuti evaluasi. | 10 menit |
2. | Kegiatan Inti : 1. Guru melakukan evaluasi proses terhadap kegiatan siswa tentang menghitung luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak. 2. Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru dengan baik dan tertib. | 60 menit |
3. | Penutup 1. Siswa dan guru melakukan refleksi tentang hasil evaluasi. 2. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hasil evaluasi apabila masih memperoleh nilai di bawah KKM akan diadakan remidi). | 10 menit |
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMPKelas VIII Semester 2.
- Lembar Kerja Siswa
Alat :
- Peraga bangun ruang
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal | |
· Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas. | Tes tertulis | Daftar pertanyaan Uraian | · Iwan membuat penampungan air berbentuk kubus dengan ukuran rusuk 0,5 m. tentukan Volume panampungan air Iwan ! · Ukuran sebuah batu bata adalah 10 cm 12 cm 25 cm. Berapa banyak batu bata yang akan dibutuhkan untuk membuat sebuah dinding dengan tinggi 1,75 m, tebal 12 cm, dan panjang 60 m ? (abaikan ketebalan semen). · Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka tentukan volume limas · Alas prisma berbentuk belah ketupat dengan panjang diagonal 18 cm dan 24 cm. Bila tinggi prisma 20 cm, tentukan volume prisma! |
Mengetahui, Kepala Sekolah Marko, S.Pd NIP. 19630716 1984051 001 | Karangrayung 13 Februari 2017 Guru Mapel Matematika. Eko Suseno, S.Pd NIP 19850113 200902 1 003 |
RPP matematika untuk kelas VIII SMP materi Bangun Ruang Sisi datar.