Macam-macam Paragraf Induktif Beserta Contohnya

Sebelum saya membahas tentang macam-macam paragraf induktif, akan saya ulas sedikit mengenai pengertian secara umum dari paragraf tersebut, supaya pembahasannya dapat menyambung. Walaupun sebenarnya kami juga telah uraikan pengertian paragraf induktif ini pada artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Paragraf Induktif dan Contoh Paragraf Induktif Singkat
 
Paragraf induktif merupakan suatu paragraf yang dikembangkan berdasarkan pola pengembangnya itu sendiri, yakni paragraf deduktif dan paragraf induktif. Paragraf induktif adalah sebuah paragraf yang dengan pola induksi, yakni sebuah pola yang dikembangkan dari khusus ke umum.
Maka dari itulah, paragraf induktif tergolong sebuah paragraf yang dikembangkan dengan menyuguhkan hal-hal yang bersifat khusus terlebih dahulu, baru kemudian diarahkan pada satu hal  yang bersifat umum, yang biasa disebut dengan kesimpulan.

Paragraf induktif juga bisa dikatakan sebagai paragraf yang memiliki kalimat utama yang letakknya di bagian akhir kalimat. Kalimat utama tersebut ditandai dengan kata-kata seperti: oleh karena itu, oleh sebab itu dan maka dari itu.
Macam-macam Paragraf Induktif Beserta Contohnya
Macam-macam Paragraf Induktif


Macam-macam paragraf induktif beserta contohnya

Dalam paragraf induktif sendiri dikembangkan menjadi beberapa jenis paragraf, di antaranya adalah:

1. Paragraf Induktif Berpola Generalisasi
Paragraf generalisasi merupakan suatu paragraf  yang menyuguhkan tentang hal-hal yang bersifat khusus terlebih dahulu, baru kemudian diarahkan pada kesimpulan umum. Adanya kesimpulan tersebut diambil dari kalimat-kalimat khusus yang berada di atasnya.
Contoh:
Udara di suatu pedesaan masih sangatlah sejuk dan bersih. Tidak ada yang namanya polusi udara yang sangat menggangu pernafasan. Selain itu, sungainya masih tampak bersih  dan juga sehat, sehingga masih sering dijumpai ikan-ikan dan tumbuhan air di dalamnya.orang-orang yang tinggal di desa masih sangat ramah-ramah. Mereka lebih menonjolkan asas kekeluargaan, sehingga jarang sekali terjadi konflik. Suasana di pedesaan yang sejuk dan tenang dapat menyejukkan hati dan pikiran. Oleh sebab itulah, dapat disimpulkan bahwa kehidupan di desa sangat menyenangkan.

2. Paragraf Induktif yang Berpola Analogi

Paragraf analogi adalah sebuah paragraf yang telah dikembangkan dengan pola induksi, yakni topik utamanya disajikan dengan cara memandingkan dua hal yang memiliki kesamaan.
Nah, dari kesamaan-kesamaan tersebut kemudian ditarik kesimpulan umum.
Contohnya:
Sistem kereta api tertata dengan sangat rapi dan teratur. Kereta api membawa penumpangnya dari stasiun menuju stasiun-stasiun lain yang telah dijadwalkan secara berurutan melalui rel-rel kereta api. Sistem tersebut hampir sama dengan sistem peredaran darah manusia. Darah bersih yang mengikat oksigin dari paru-paru mendistribusikan oksigin-oksigin tersebut ke organ-organ di dalam tubuh melalui pembuluh darah yang sangat panjang. Oleh karena itulah sistem peredaran darah manusia memiliki kesamaan dengan sistem kereta api, yakni tersusun rapi, berurutan dan teratur.

3. Paragraf Induktif Berpola Sebab Akibat

Paragraf sebab akibat adalah suatu paragraf yang kesimpulannya telah diambil dari kalimat-kalimat yang merupakan hal yang bersifat khusus atau sebab pada awal-awal paragraf.
Contoh paragraf berpola sebab akibat:
Rani tidak pernah memerhatikan jadwal makannya. Dia selalu terlambat makan. Selain itu, Rani kerapkali makan makanan yang kurang sehat, seperti: mie instan, junk food, frozen food, makanan berlemak dan lain sebagainya. Rani juga jarang melakukan olahraga. Dia lebih suka menghabiskan waktunya di depan layar monitor komputter. Maka dari itulah, Rani saat ini telah menderita penyakit mahg.

4. Paragraf Induktif Akibat Sebab
Paragraf ini adalah kebalikkan dari paragraf sebab akibat, paragraf ini menarik kesimpulan umum yang berupa sebab dari akibat-akibat yang telah diuraikan sebelumnya.
Contoh paragraf induktif dengan pola akibat sebab:
Gedung-gedung yang menjulang tinggi di kota Amerika hancur berantakkan, tidak ada lagi tersisa. Selain itu, jalur transportasi dan komunikasi telah terputus, sehingga negara tersebut menjadi terisolasi selama beberapa hari. Ditambah lagi dengan putusnya jaringan listrik membuat keberadaan negara tersebut menjadi gelap gulita ketika malam hari tiba. Semua itu terjadi akibat goncangan dari gempa bumi yang kemarin melanda Amerika Serikat.

Nah itulah tadi sedikit ulasan tentang macam-macam paragraf induktif beserta contohnya. Semoga informasi tersebut di atas dapat memberikan wawasan luas bagi sobat Cuntorio.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel