LKS Matematika Kelas 7 SMP KK13
Wednesday, May 24, 2017
Edit
RUMAH CERIA MATEMATIKA BERBAGI LKS KELAS 7 SEMESTER 2
Setelah pada postingan sebelumnya kita berbagi LKS Pembelajaran Matematika Kelas 9 terbaru untuk tahun ajaran 2017/2018. sekarang kita akan bagikan kepada anda LKS pembelajaran Matematika Kelas 7 Semester 2.Kita Tahu Bahwa LKS tetap menjadi sumber faforit bagi guru sebagai panduan mengajar selain Buku Paket Guru. Kelebihan LKS salah satunya adalah ringkasnya pokok-pokok materi tanpa mengurangi substansinya. Dimaklumkan karena untuk mengajarkan matematika dengan Buku Paket sangat lambat karena konten materi pada buku paket sangat lengkap dan terlalu luas cakupannya. Selain itu juga contoh dan latihan soal pada buku paket lebih sedikit dari pada LKS. Meski demikian sudah menjadi keharusan bagi semua guru untuk tetap menggunakan Buku Guru sebagai sumber referensi utama sedangkan LKS ini sebagai pelengkap.
LKS Lembar Kegiatan Siswa merupakan materi ajar yang dikemas sedemikian rupa agar siswa dapat mempelajari materi tersebut secara mandiri. Pengertian LKS yang dikemukakan oleh Badjo (1993:8) yaitu LKS ialah lembar kerja yang berisi informasi dan perintah/instruksi dari guru kepada siswa untuk mengerjakan suatu kegiatan belajar dalam bentuk kerja, praktek, atau dalam bentuk penerapan hasil belajar untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan Hidayah (2008:7) menjelaskan bahwa LKS merupakan stimulus atau bimbingan guru dalam pembelajaran yang akan disajikan secara tertulis sehingga dalam penulisannya perlu memperhatikan kriteria media grafis sebagai media visual untuk menarik perhatian peserta didik. Sedangkan isi pesan LKS harus memperhatikan unsur-unsur penulisan media grafis, hirarki materi (matematika) dan pemilihan pertanyaan-pertanyaan sebagai stimulus yang efisien dan efektif.
Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Menggunakan LKS Lembar Kerja Siswa
Depdiknas dalam panduan pelaksanaan materi pembelajaran SMP (2008:42-45) alternatif tujuan pengemasan materi dalam bentuk LKS adalah :
LKS membantu siswa untuk menemukan suatu konsep LKS mengetengahkan terlebih dahulu suatu fenomena yang bersifat konkrit, sederhana, dan berkaitan dengan konsep yang akan dipelajari. LKS memuat apa yang (harus) dilakukan siswa meliputi melakukan, mengamati, dan menganalisis.
1. LKS membantu siswa menerapkan dan mengintegrasikan berbagai konsep yang telah ditemukan
2. LKS berfungsi sebagai penuntun belajar LKS berisi pertanyaan atau isian yang jawabannya ada di dalam buku. Siswa akan dapat mengerjakan LKS tersebut jika membaca buku.
3. LKS berfungsi sebagai penguatan
4. LKS berfungsi sebagai petunjuk praktikum
Mengajar dengan menggunakan LKS dalam proses belajar mengajar memberikan manfaat, diantara lain memudahkan guru dalam mengelola proses belajar mengajar, misalnya dalam mengubah kondisi belajar yang semula berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered).
Pada proses pembelajaran yang berpusat pada guru akan terjadi interaksi satu arah dimana guru menerangkan, mendikte, dan memerintahkan, sedangkan siswa hanya akan mendengar, mencatat dan mematuhi semua perintah guru. Pada proses pembelajaran yang berpusat pada siswa akan terjadi interaksi antara siswa dengan guru, dan antarsiswa karena dalam pola ini siswa memperoleh informasi dari berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, luar sekolah atau pengamatannya sendiri.
Manfaat LKS Lembar kegiatan siswa lainnya adalah dapat membantu guru dalam mengarahkan siswanya untuk dapat menemukan konsep-konsep melalui aktivitasnya sendiri atau dalam kelompok kerja. Selain itu, LKS juga dapat digunakan untuk mengembangkan ketrampilan proses, mengembangkan sikap ilmiah serta membangkitkan minat siswa terhadap alam sekitarnya. Akhirnya LKS juga memudahkan guru untuk melihat keberhasilan siswa dalam mencapai sasaran belajar.
LKS ini juga sangat cocok untuk diberikan kepada siswa. Dengan konten materi dan penyajiannya sudah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dengan pendekatan pembelajaran saintifik. jadi kami harapkan apa yang kami share ini membantu guru dan siswa tentunya untuk mencapai kompetensi kompetensi yang di tentukan.
Unduh disini
BAB I
BILANGAN
KI | KOMPETENSI DASAR |
1 | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
2 | Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan keguanaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. |
3 | Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi. |
4 | Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah |