Soal Pembelajaran Kelas Rangkap Lengkap Jawaban
Thursday, November 1, 2018
Edit
Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pembelajaran Kelas Rangkap Beserta Jawaban
Seperti yang dikemukakan oleh Elkind (1987), bahwa istilah multigrade di mana kelas yang berbentuk seperti itu akan berisi para siswa dari 2 atau lebih tingkatan kelas dengan satu guru di ruangan yang sama pada suatu waktu.
Para siswa di kelas tersebut tetap menggunakan kurikulum yang spesifik untuk tingkatan kelasnya sendiri dan demikian pula dengan tingkat kesukaran tesnya pun disesuaikan dengan tingkatan kelas mereka. Dengan demikian, kelihatan bahwa kelas multigrade atau pembelajaran kelas rangkap model itu diadakan untuk alasan administrasi dan ekonomi.
Seperti halnya yang terjadi di sekolah-sekolah daerah terpencil di Indonesia banyak guru yang merangkap kelas karena memang tidak ada tenaga guru bukan karena tujuan atau alasan pendidikan.
Lain halnya dengan istilah multiage yang mengacu pada praktek pembelajaran kedua tingkatan usia dan kelas yang sengaja dicampur karena kepentingan tujuan pendidikan yang diinginkan.Multigrade teaching atau pembelajaran kelas rangkap di SD sudah banyak dilaksanakan di Indonesia di negara-negara maju hal ini sudah menjadi bagian dari sistem pendidikan secara utuh.
Pengembangan dan penggunaan model ini dilakukan karena faktor kekurangan tenaga guru, letak geografis yang sulit dijangkau, jumlah siswa relatif kecil, keterbatasan ruangan, atau ketidakhadiran guru.
Pembelajaran Kelas Rangkap: Pengertian, Model & Alasan
Pembelajaran Kelas Rangkap adalah penggabungan sekelompok siswa yang mempunyai perbedaan usia, kemampuan, minat, dan tingkatan kelas, di mana dikelola oleh seorang guru atau beberapa guru yang dalam pembelajarannya difokuskan pada kemajuan individual para siswa (Franklin, 1967). Namun demikian selain definisi tersebut, ada sebagian praktisi pendidikan membedakan definisi dari multigrade dengan multiage karena perbedaan tujuannya.Seperti yang dikemukakan oleh Elkind (1987), bahwa istilah multigrade di mana kelas yang berbentuk seperti itu akan berisi para siswa dari 2 atau lebih tingkatan kelas dengan satu guru di ruangan yang sama pada suatu waktu.
Para siswa di kelas tersebut tetap menggunakan kurikulum yang spesifik untuk tingkatan kelasnya sendiri dan demikian pula dengan tingkat kesukaran tesnya pun disesuaikan dengan tingkatan kelas mereka. Dengan demikian, kelihatan bahwa kelas multigrade atau pembelajaran kelas rangkap model itu diadakan untuk alasan administrasi dan ekonomi.
Seperti halnya yang terjadi di sekolah-sekolah daerah terpencil di Indonesia banyak guru yang merangkap kelas karena memang tidak ada tenaga guru bukan karena tujuan atau alasan pendidikan.
Lain halnya dengan istilah multiage yang mengacu pada praktek pembelajaran kedua tingkatan usia dan kelas yang sengaja dicampur karena kepentingan tujuan pendidikan yang diinginkan.Multigrade teaching atau pembelajaran kelas rangkap di SD sudah banyak dilaksanakan di Indonesia di negara-negara maju hal ini sudah menjadi bagian dari sistem pendidikan secara utuh.
Pengembangan dan penggunaan model ini dilakukan karena faktor kekurangan tenaga guru, letak geografis yang sulit dijangkau, jumlah siswa relatif kecil, keterbatasan ruangan, atau ketidakhadiran guru.
Soal Pembelajaran Kelas Rangkap Lengkap Jawaban
- Bu Ratna mengajar siswa kelas 4, karena Pak Roni tidak bisa hadir, maka Bu Siti merangkap mengajar kelas 5 hingga Bu Siti perlu mengumpulkan kedua kelas tersebut menjadi satu ruangan. Bu Siti pada waktu menjelaskan kurang menguasai materi yang diajarkan. Dari kasus diatas yang dapat dilakukan guru tersebut adalah....a. Mendiskusikan dengan guru lain yang lebih tahu.b. Mendatangkan guru bidang studi lain.c. Tidak perlu membahas materi tersebut.d. Mempelajari bidang studi yang lain.
- Bu Dita mengajar mata pelajaran PPKn kelas 4, jika rumusan indikatornya berbunyi siswa dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara di lingkungan desa dan kecamatan, maka pengalaman belajar siswa yang harus dirancang oleh guru di kelas berdasarkan PKR tersebut adalah siswa secara....a. Perseorangan membuat karangan tentang" menjaga kebersihan lingkungan"b. Berkelompok berdiskusi tentang lingkungan.c. Mandiri mengerjakan tugas.d. Perseorangan membuat kliping tokoh- tokoh masyarakat.
- Pada waktu bersamaan Bu Dira mengajar mata pelajaran PPKn dengan topik" Hidup rukun" di kelas 1, kelas 4, dan kelas 5. Berdasarkan topik tersebut materi yang sesuai untuk kelas 1 adalah....a. Bekerja bakti di lingkungan RT.b. Perayaan natal bersama.c. Bermain bersama.d. Toleransi beragama.
- PKR diterapkan karena berbagai alasan, terutama karena adanya kekurangan…a. Gurub. Ruanganc. Muridd. Sarana
- PKR mempunyai manfaat praktis sebagai berikut, kecuali…a. Dapat mendidik murid yang mampu mandirib. Ekonomisc. Menghemat waktu dan tenagad. Dapat meningkatkan jumlah dan memeratakan kesempatan belajar
- Sebagai salah satu bentuk pembelajaran, PKR mengikuti prinsip-prinsip pembelajaran secara umum, prinsip-prinsip tersebut antara lain sebagai berikut kecuali…a. Guru harus memperhatikan kemampuan murid yang berbeda-bedab. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecilc. Guru harus berusaha meningkatkan keaktifan muridd. Penguatan dapat meningkatkan motivasi murid dalam belajar
- Secara khusus, PKR mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali…a. Kadar tinggi WKAb. Keserempakan kegiatan belajar-mengajarc. Kontak psikologis guru-murid yang berkelanjutand. Guru berperan sebagai fasilitator
- Ibu Dini yang merangkap kelas IV dan kelas V segera pergi membantu kelompok kelas IV ketika beliau melihat kelompok ini sedang bertengkar, keadaan ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…a. Kontak psikilogis guru murid yang berkelanjutanb. Keserempakan kegiatan belajar-mengajarc. Kebiasaan mandirid. Pemanfaatan sumber secara efisien
- Bapak Anto yang sedang merangkap kelas III dan kelas IV meminta beberapa murid kelas IV yang pandai untuk membantu beberapa temannya menyelesaikan tugas yang diberikan. Tindakan pak Anto ini mencerminkan salah satu prinsip PKR, yaitu…a. Kadar tinggi WKAb. Kebiasaan mandiric. Keserempakan kegiatan belajar-mengajard. Pemanfaatan sumber secara efisien
- Melalui PKR dapat ditanamkan kebiasaan mandiri pada diri murid karena dalam PKR, murid lebih banyak mendapat kesempatan untuk…a. Bertanggung jawab dalam penyelesaian tugasnyab. Belajar sesuai dengan keinginannyac. Membantu gurud. Membantu teman
- Guru PKR juga dapat mendatangkan ‘orang sumber’ untuk melatih murid membuat suatu keterampilan dari bambu. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa guru…..a. Mengetahui sumber-sumber yang ada di desab. Tidak mampu mengajar keterampilan dari bambuc. Mempunyai kemampuan terbatasd. Dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa
- Dalam PKR guru dapat memanfaatkan murid sebagai tutor. Hal ini dapat dilakukan sehingga murid yang padai dapat….a. Menunjukkan kelebihannyab. Meringankan beban guru mengajarc. Membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang samad. Menggantikan peran guru jika guru tidak hadir
Jawaban:
- a. Mendiskusikan dengan guru lain yang lebih tahu.
- a. Perseorangan membuat karangan tentang" menjaga kebersihan lingkungan"
- c. Bermain bersama.
- a. Guru
- c. Menghemat waktu dan tenaga
- b. Pembelajaran sebaiknya dilakukan dalam kelompok kecil
- d. Guru berperan sebagai fasilitator
- a. Kontak psikilogis guru murid yang berkelanjutan
- d. Pemanfaatan sumber secara efisien
- a. Bertanggung jawab dalam penyelesaian tugasnya
- d. Dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di desa
- c. Membantu murid pada kelas yang lebih rendah atau murid di kelas yang sama