Soal Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Lengkap Jawaban


Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. 

Kegiatan Belajar 1 : Pandangan Kritik Sosial dalam Pembelajaran (Teori Belajar Humanistik).

Teori Humanstik dipelopori oleh Jurgen Habermas. Menurut teori humanstik, proses belajar harus  dimulai dan ditujukan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri. Menurut Ausbel (Rene: 1996) belajar bermakna meaning learning, belajar merupakan asimilasi bermakna. 

Sedangkan menurut Kolb (Rene: 1996) membagi tahap-tahap belajar menjadi 4 tahap, yaitu :
  1. Tahap pengalaman konkret. Seseorang mampu atau dapat mengalami suatu peristiwa atau suatu kejadian sebagaimana adanya.
  2. Tahap pengamatan aktif dan reflektif, seseorang makin lama akan semakin mampu melakukan observasi secara aktif terhadap peristiwa yang dialaminya.
  3. Tahap konseptualisasi, seseorang sudah mulai berupaya untuk membuat abtraksi, mengembangkan suatu teori, konsep atau hokum dan prosedur tentang suatu yang menjadi objek pengmatannya.
  4. Tahap eksperimentasi aktif. Seseorang sudah mampu mengaplikasikan konsep-konsep, teori-teori atau aturan-aturan ke dalam situasi nyata.

Habermas membagi tipe belajar ke dalam tiga bagian, yaitu (1) belajar teknis, (2) belajar praktis, dan (3) belajar emansipatoris.

Honey dan Mumford menggolongkan orang yang belajar ke dalam empat kelompok, yaitu : (1) kelompok aktivis, (2) kelompok reflector, (3) kelompok teoris, (4) kelompok pragmatis.

Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan teori humanitis, yaitu :
  • Menentukan tujuan-tujuan pembelajaran
  • Menentukan materi pembelajaran
  • Menngidentifikasi kemampuan awal peserta didik
  • Mengidentifikassi topik-topik pelajaran yang memungkinkan siswa secara aktif melibatkan diri dalam belajar.
  • Merancang fasilitas belajar seperti lingkungan dan media pembelajaran
  • Membimbing siswa belajar secara aktif
  • Membimbing siswa untuk memahami hakikat atau makna dari pengalaman belajarnya
  • Membimbing siswa membuat konseptualisasi pengalaman belajarnya
  • Membimbing siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep baru ke dalam situasi nyata
  • Mengevaluasi proses dan hasil belajar.


Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Beserta Jawaban
  1. Yang dimaksud kecakapan hidup pribadi/menurut Broling adalah apabila seseorang dapat....
    a. Membagi waktunya dengan baik antara tugasnya sebagai anggota masyarakat dengan tugas profesionalnya
    b. Membimbing dirinya sendiri agar dapat menyelesaikan masalahnya sebaik mungkin
    c. Mempunyai kepercayaan diri dapat menghadapi tantangan zaman yang semakin maju
    d. Melakukan pekerjaan sebaik mungkin agar mendapat kepercayaan dari atasan tempat kerjanya
  2. Pendidikan berbasis luas merupkan pendekatan yang memiliki karakteristik bahwa....
    a. Pendidikan menjangkau seluruh lapisan masyarakat
    b. Masyarakat di pelosok pedesaan juga mendapatkan pendidikan formal
    c. Pendidikan memberikan fondasi yang kuat dan mendasar pada siswa
    d. Pembelajaran diberikan secara menyeluruh
  3. Strategi renung- latih- telaah pada pembelajaran bermaksud agar siswa....
    a. Memahami diri sendiri sehingga dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan
    b. Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bakat serta minatnya
    c. Melatih keterampilannya agar mencapai hasil maksimal
    d. Memilih salah satu keterampilan yang menjadi minatnya
  4. Pembelajaran partisipasif pada tahap perencanaan dimaksudkan agar....
    a. Siswa dapat mengetahui rancangan pembelajaran dari guru
    b. Siswa memberikan masukan pada guru tentang materi pelajaran yang diperlukan
    c. Guru memberikan alternatif pembelajaran yang akan diberikan
    d. Guru ikut menentukan pembuatan kurikulum
  5. Salah satu ciri dari pembelajaran partisipatif terlihat apabila....
    a. Pendidik berperan aktif dalam pembelajaran
    b. Siswa merasa nyaman dan termotivasi saat pembelajaran
    c. Pembelajaran berjalan dengan lancar
    d. Siswa diikutsertakan dalam pembuatan kurikulum
  6. Iklim belajar diciptakan pendidik dengan maksud agar....
    a. Antara pendidik dan peserta didik dapat terjalin kebersamaan
    b. Dapat tercapai tujuan belajar seperti yang diharapkan
    c. Peserta didik lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran
    d. Kelas lebih terlihat tertib pada waktu pembelajaran berlangsung
  7. Jika dilihatdari proses, yang dimaksud dengan pendekatan pembelajaran kontekstual di antaranya adalah....
    a. Dalam menerima materi pelajaran, siswa diharapkan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari
    b. Guru dalam menyampaikan pembelajaran harus melalui tahapan-tahapan tertentu
    c. Materi pelajaran yang akan disampaikan guru perlu memperhatikan karakteristik setiap siswa
    d. Pembelajaran berlangsung dimulai dengan menjelaskan hal- hal yang sifatnya sederhana terlebih dahulu
  8. Perbedaan antara kontekstual dengan pembelajaran konvensional dilihat dari aktivitas siswa terlihat ketika....
    a. Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara aktif
    b. Pembelajaran konvensional melibatkan siswa lebih aktif
    c. Guru berperan aktif dalam pembelajaran kontekstual
    d. Guru hanya sebagai pembimbing dalam pembelajaran konvensional
  9. Pembelajaran kontekstual yang didasarkan pada konsktruksivisme bercirikan....
    a. Pembelajaran berpusat pada guru sebagai pendidik
    b. Siswa aktif mengembangkan pengetahuan yang diperoleh di kelas
    c. Guru mengkonstruksi pengetahuan
    d. Antara siswa dan guru sama- sama mengkonstruksi pengetahuan
  10. Belajar mandiri pada orang dewasa menurut pendapat Knowles menekankan pada....
    a. Penguasaan materi yang lebih mendalam
    b. Kesadaran untuk belajar lebih baik
    c. Menerapkan pengalaman sehari - hari sebagai sumber pengetahuan
    d. Kebutuhan pengetahuan yang berbeda- beda dengan pada waktu anak-anak
  11. Terbuka terhadap setiap kesempatan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan belajar mandiri. Artinya, si pelajar harus....
    a. Kreatif dalam mengolah pengetahuan
    b. Menimba pengalaman terhadap orang dapat memperoleh pengetahuan
    c. Mampu melihat orang lain agar dapat memperoleh sukses
    d. Didorong rasa keingintahuannya terhadap ilmu yang baru
  12. Menurut Rogers pendidik dapat berperan sebagai fasilitator dengan tugasnya....
    a. Menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak
    b. Memotivasi siswa agarlebih mudah menerima pembelajaran
    c. Merencanakan media yang diperlukan dalam pembelajaran
    d. Mempersiapkan mental siswa untuk menerima pembelajaran
  13. Pakaian, perumahan, dan alat rumah tangga merupakan peralatan hidup manusia. Pernyataan tersebut adalah unsur pokok kebudayaan yang dikemukakan oleh....
    a. Melvile
    b. Bronislaw
    c. Kluckhohn
    d. Ferdinan Tonies
  14. Dilihat dari religi, unsur kebudayaan Ralp Linton dapat diwujudkan pada saat....
    a. Melakukan upacara keagamaan
    b. Melakukan kerja sama dengan orang lain
    c. Menkomunikasikan ide
    d. Mengungkapkan berbagai perasaan
  15. Membiasakan anak untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan dan mencuci tangan sebelum makan merupakan contoh norma kebudayaan yang mencerminkan....
    a. Pendidikan
    b. Tata tertib
    c. Berestetika
    d. Bersosialisasi
  16. Evaluasi belajar yang mengacu pada Teori Vygotsky menganjurkan pengetesan lapisan bawah dan lapisan atas zona perkembangan untuk....
    a. Mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat ini
    b. Menilai pemahaman anak yang lalu
    c. Mengukur kemampuan anak yang akan datang
    d. Menilai keterampilan dan pemahaman yang dimiliki anak
  17. Pada kegiatan pembelajaran IPA kelas III SD, anak-anak ditugaskan untuk mengamati dan menggolongkan binatang yang menyusui dan memakan daging. Dalam kegiatan tersebut guru berperan sebagai....
    a. Konselor
    b. Penyuluh
    c. Fasilitator
    d. Pemimpin
  18. Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan mempunyai arah dan tujuan. Artinya, pendidikan bertujuan untuk memenuhi....
    a. Kepentingan pemerintah
    b. Kepentingan golongan
    c. Menghilangkan kemiskinan
    d. Menanggulangi kebodohan dan kemiskinan
  19. Peran guru dalam proses belajar sistem pondok yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah sebagai berikut, kecuali....
    a. Mencetak pemimpin yang digugu
    b. Menghasilkan seorang intelektual
    c. Mengembangkan kondisi dan suasana pondok
    d. Mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik
  20. Tokoh yang mengungkapkan bahwa kebudayaan merupakan satu kesatuan dan bukan jumlah dari bagian-bagian adalah....
    a. E.B. Taylor
    b. Tilaar
    c. Talcott
    d. Selo Sumarjan dan Soelaeman
  21. Tahap pengalaman konkret merupakan tahap awal dalam peristiwa belajar, yakni ketika seseorang dapat mengalami peristiwa atau kejadian sebagaimana adanya. Pernyataan tersebut merupakan tahapan belajar sesuai dengan Teori Humanistik yang dikemukakan oleh....
    a. Mumford
    b. Habermas
    c. Honey
    d. Kolb
  22. Pak Joko mengajar di kelas III SD. Pak Joko menugaskan anak untuk menuliskan jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan melalui pengamatan. Dari kegiatan tersebut pembelajaran yang dilakukan merupakan contoh....
    a. Membimbing anak belajar aktif
    b. Menentukan materi pembelajaran
    c. Mengidentifikasi kemampuan peserta didik
    d. Mengevaluasi proses dan hasil belajar
  23. Pendidikan merupakan proses sosial bagi anak untuk menjadi bagian yang aktif dan partisipatif dalam masyarakat. Pernyataan tersebut sesuai dengan teori pembelajaran yang dikemukakan oleh....
    a. Honey
    b. John Dewey
    c. Mumford
    d. Ausbel
  24. Dalam cara pandang pendidikan tradisional, guru memegang kendali dalam pembelajaran. Sedangkan pada cara pandang progresif guru bertindak sebagai berikut, kecuali....
    a. Fasilitator
    b. Pengayom
    c. Teman berdiskusi
    d. Pemberi hukuman
  25. Pandangan sosiokultural konstruktivisme Teori Vygotsky yang menekankan kemandirian adalah siswa belajar....
    a. Untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan media
    b. Berdasarkan konsep
    c. Melalui pemecahan masalah
    d. Dengan orang dewasa dan teman sebaya
Jawaban:
  1. a. Membagi waktunya dengan baik antara tugasnya sebagai anggota masyarakat dengan tugas profesionalnya
  2. c. Pendidikan memberikan fondasi yang kuat dan mendasar pada siswa
  3. a. Memahami diri sendiri sehingga dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan
  4. b. Siswa memberikan masukan pada guru tentang materi pelajaran yang diperlukan
  5. b. Siswa merasa nyaman dan termotivasi saat pembelajaran
  6. a. Antara pendidik dan peserta didik dapat terjalin kebersamaan
  7. a. Dalam menerima materi pelajaran, siswa diharapkan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari
  8. a. Pembelajaran kontekstual melibatkan siswa secara aktif
  9. b. Siswa aktif mengembangkan pengetahuan yang diperoleh di kelas
  10. c. Menerapkan pengalaman sehari - hari sebagai sumber pengetahuan
  11. d. Didorong rasa keingintahuannya terhadap ilmu yang baru
  12. b. Memotivasi siswa agarlebih mudah menerima pembelajaran
  13. c. Kluckhohn
  14. a. Melakukan upacara keagamaan
  15. a. Pendidikan
  16. a. Mengetahui tingkat status dan kemampuan belajar siswa saat ini
  17. c. Fasilitator
  18. d. Menanggulangi kebodohan dan kemiskinan
  19. d. Mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik
  20. b. Tilaar
  21. d. Kolb
  22. a. Membimbing anak belajar aktif
  23. b. John Dewey
  24. d. Pemberi hukuman
  25. a. Untuk menyelesaikan tugas yang kompleks dengan menggunakan media
Sumber Artikel dan Soal : http://urlsoal.blogspot.com, http://mohelmuafiq.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel