Kisah Nabi Adam A.S dan Siti Hawa Lengkap

Asal Mula Langit dan Bumi
Sebelum nabi adam diciptakan oleh allah, allah menciptakan alam semesta yang meliputi langit dan bumi serta segala isinya seperti gunung, laut, tumbuhan, dan hewan. Bintang dan matahari sebagai sumber panas dan rembulan sebagai penerang kegelapan malam. Langit dan bumi diciptakan oleh allah dalam waktu 6 hari atau masa. Sedangkan satu hari atau satu masa di sisi tuhan sama dengan seribu tahun menurut perhitungan manusia. 

 allah menciptakan alam semesta yang meliputi langit dan bumi serta segala isinya seperti  Kisah Nabi Adam A.S dan Siti Hawa Lengkap

Allah maha kuasa, apabila beliau menghendaki sesuatu, ia cukup berfirman "Kun" (Jadilah), maka jadilah apa yang allah hendaki. Demikianlah hanya beberapa hari saja proses penciptaan alam semesta sudah berarti jutaan tahun bagi manusia. Tidak heran jika para ilmuan menemukan fosil yang usianya jutaan tahun yang lali.

Asal Mula Malaikat 

Sesudah allah menciptakan langit dan bumi, maka allah menciptakan makhluknya yang bernama malaikat. Malaikat adalah makhluk allah yang tercipta dari nur atau cahaya. Malaikat diciptakan sebagai makhluk yang tunduk, patuh, senantiasa berbakti kepada Allah S.W.T. dan juga malaikat sama sekali tidak pernah durhaka kepada allah.

Malaikat tidak mempunyai nafsu, tidak makan dan tidak tidur, tidak melakukan perbuatan dosa, tidak berjenis kelamin perempuan atau laki - laki. Malaikat tidak hidup di alam nyata layaknya manusia, namun malaikat hidup di alam gaib yang tidak dapat dilihat oleh panca indra manusia.

Asal Malaikat Jin dan Iblis

Jin dan iblis adalah makhluk allah yang diciptakan dari api yang sangat panas. Sama halnya dengan manusia, jin dan iblin memiliki jenis kelamin lelaki dan perempuan. Jin ada yang patuh kepada tuhan dan ada pula jin yang ingkar kepada perintah tuhan. Jin yang melanggar perintah - perintah tuhan disebut dengan iblis dan setan. Iblis dan keturunannya adalah makhluk yang sangat jahat dan sangat durhaka. Jin tidak memiliki kebaikan sama sekali dalam dirinya. Pekerjaan utama iblis dan setan adalah menggoda manusia agar mereka tersesat dan jatuh ke lembah dosa. 

Permintaan iblis untuk hidup di dunia sampai hari kiamat di kabulkan oleh allah. Sebab dahulu iblis merupakan makhluk yang pernah patuh kepada allah. Jadi perpanjangan umur iblis hingga hari kiamat adalah sebagai balasan bagi kebaikannya di masa lalu, sebelum di ciptakannya nabi adam. Stelah nabi adam di ciptakan oleh allah, iblis menjadi makhluk yang pembangkang, maka ia dikutuk oleh allah dan diusir dari surga. Kelak setelah hari kiamat iblis dan setan akan dimasukkan kedalam neraka bersama orang - orang yang berdosa. Oleh karena itu, iblis dan setan terus berusaha mencari teman sebanyak - banyaknya dari kalangan jin dan manusia agar menjadi penghuni neraka.


Asal Mula Nabi Adam A.S

Sesudah allah menciptkana langit dan bumi, malaikat, jin, dan iblis. Maka kemudian allah menciptakan makhluk yang akan diperintah untuk mengelola bumi serta isinya. Hal tersebut diutarakan kepada para malaikat. 
Aku akan ciptakan manusia untuk menjadi pengatur di bumi
Para malaikat mengira para manusia akan lalai dalam melaksanakan tugasnya, dan kemudian para malaikat berkata " 
Mengapa tuhan menciptakan manusia ? Bukankah mereka hanya akan berbuat kerusakan di atas bumi. Mereka akan saling bermusuhan dan berbunuhan, Sedangkan kami para malaikan senantiasa patuh dan mengagungkan nama-Mu?
Untuk melenyapkan kekhawatiran para malaikat tersebut, kemudian allah berfirman :
"Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"
Para malaikat pun bungkam setelah mendengarkan perjelasan allah yang berupa firma itu. Bukankan allah maha mengetahui apa yang tidak kita ketahui?. Demikian pula allah menciptakan adam dari tanah liat dan lumpur hitam. Setelah terbentuk kemudian dimasukkanlah roh kedalam tubuh adam. dan kemudian adampun bisa hidup dan menggerakkan anggota tubuhnya. 

Allah kemudian memerintahkan para malaikat dan iblis untuk bersujud atau memberi hormat kepada nabi adam. Para malaikat pun bersujud sebagai pernyataan hormat dan ucapan selamat atas terciptanya adam. Namun, hanya iblis yang tidak mau bersujud dan ia membangkan perintah perintah dari allah tersebut. dan kemudian allah pun bertanya kepada iblis :
Apakah yang membuat engkau tidak mau bersujud kepada adam ?
Lalu iblis pun menjawab pernyataan allah dengan kesombongannya :
Saya lebih baik dari adam. Engkau ciptakan saya dari api sedangkan adam hanya dari segumpal tanah
yang berpendapat api lebih baik dari pada tanah adalah iblis sendiri. padahal hanya tuhanlah yang maha tau siapakah yang lebih mulia di antara makhluk ciptaannya. Kemudian allah murka mendengar jawaban dari iblis itu, lalu berfirman :

Hai iblis, keluarlah engkau dari surga. Sesungguhnya tidak patut kau tinggal disini lagi dan terkutuklah engkau selama - lamanya !

iblis berkata " wahai tuhan, engkau kutuk dan engkau usir aku dari surga karna adam. Saya rela, tapi engkau kabulkanlah permohonan saya untuk hidup lama di dunia hingga hari kiamat nanti". Permohonan iblis dikabulkan oleh allah: ia akan dibiarkan hidup sampai hari kiamat tiba. iblis kemudian bersumpah, "ya tuhan karena engkau telah menghukum saya sebagai yang tersesat; maka saya akan menghalang - halangi adam serta keturunannya dari jalan yang lurus. Saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang, dari kiri dan kanan". Itulah sumpah iblis, ia bertekat akan menyesatkan adam dan keturunannya agar mereka menjauhi perintah tuhan, berbuat kekacauan di muka bumi, saling bermusuhan, dan membunuh satu sama lain. 


Allah berfirman :
Untuk melawan segala tipu daya dan akal busukmu, aku beri manusia senjata yang ampuh. Dengan akal itu aku bimbing mereka dengan petunjuk - petunjuk (agama). Aku tuntun mereka ke jalan yang benar. Dengan akal itu, manusia akan mampu mebedakan yang benar dan mana yang salah. Siapa yang tidak menggunakan akanya tentu dapat kau sesatkan. Mereka yang sesat itu akan mempertanggung jawabkan perbuatannya kepada-ku dihari kemudian!
Mendengar firman allah tersebut, iblis semakin binci kepada adam. Ia kemudian mendekati adam. Iblis memeriksa seluruh tubuh adam. Iblis ingin mengetahui titik kelemahan dari adam. Akhirnya iblis pun menemukannya dan titik lemah dari adam adalah nafsunya. Nafsu cenderung untuk melakukan perbuatan -perbuatan yang buruk. Bila menusia terus menuruti hawa nafsunya maka sangat mudah bagi iblis untuk menjerumuskannya.


Pengetahuan Adam Tentant Nama - Nama Benda


Allah mengajarkan kepada adam nama - nama benda yang dilihatnya dengan panca indra yang dimilikinya. Dengan demikian, Adam mulai mengetahui setiap nama - nama benda benda yang di lihatnya di muka bumi. dan hal tersebut merupakan dasar bagi pengetahuan adam yang nantinya akan di perlukan untuk mengatur dan memilihara bumi seisinya. 


Kepada para malaikat, allah ingin membuktikan kemampuan manusia untuk mengatur dan memilihara bumi. dan Kemudian berfirmanlah allah kepada para malaikat "Sebutkanlah kepada-ku nama - nama benda itu !", dan kemudian para malaikat menjawab dengan rasa penuh hormat " Maha suci engkau ya allah, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang engkau ajarkan kepada kami. Hanya engkaulah yang mengetahui segalanya,"  Lalu kemudian allah berbalik berfirman kepada adam " Hai adam!, beriatahukanlah kepada mereka nama benda - benda itu !,". Dan Kemudian adampun mulai menyebutkan nama benda - benda yang dilihat dan diketahuinya itu. Para malaikat pun kagum, lalu kemudian mereka memberi hormat sehormat - hormatnya. 

Adam Menghuni Surga

Allah kemudian memberikan adam sebuah tempat tinggal yang nyaman dan sentosa yaitu surga. Tempat itu indah permai. Segala kebutuhan hidup yang dibutuhkan oleh adam telah tersedia. Kebun surga penuh dengan buah - buahan yang banyak, lezat dan segar. Air sungai jernih dan berbau harum. Pohon tumbuh dan rumput seperti ditata rapi, teduh dan nyaman sekali.  

Adam merasakan kebahagiaan saat tinggal di surga. berbagaimacam kebutuhan, keingin, dan kepuasan dapat terpenuhi. Adam dapat berbuat apa saja sesukanya mulai dari menjelajahi kebun - kebun dan taman - taman . Namun, seiring dengan berjalannya waktu, adam pun mulai merasakan kebosanan dan kesepian. Di surga adam hanya hidup sendiri tidak memiliki teman sehingga dia merasa kesepian. 

Diciptakan Siti Hawa  (Ibu Umat Manusia)

Adam merasakan kesepian karena dia tidak memiliki teman atau pasangan hidup di surga. Padahal adam melihat seluruh hewan yang ada di surga hidup berpasangan, hanya ia saja yang sendiri. Rasa sepi dan sedih membuatnya letih. Adam pun tertidur pulas di bawah pohon yang teduh. 

Allah Maha tau, allah juga mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kegelisahan adam di dalam hatinya yaitu ingin memiliki pasangan hidup (teman). di saat adam sedang tertidur pulas di bawah pohon, allah menciptakan manusia lagi yang diambil dari tulang rusuk adam sendiri. Manusia itu lain jenisnya dengan adam. dia adalah seorang wanita yang bernawa hawa. 

Ketika adam terbangun dari tidurnya, kemudia adam pun terkejut saat melihat wanita tersebut. Adam mengusap - ngusap matanya seakan- akan tak percaya akan apa yang ia lihat. Adam melihat seorang wanita yang duduk disampingnya yang memiliki wajah yang cantik dan indah. Kemduian adam bertanya kepada hawa "Siapakah engkau ? dan menga kau ada disini ?", dan kemudian hawa menjawab pertanyaan adam dengan tersenyum " Aku adalah hawa yang di ciptakan untuk menemani hidupmu". 

Betapa gembiranya hati adam setelah mendengar jawab hawa tersebut. Ia lalu memuji dan bersyukur kepada allah yang telah mengabulkan keiinginannya sehingga ia tidak merasa kesepian lagi. Hawa telah ditakdirkan menjadi istri adam. Sepanjang hari adam dan hawa bersuka ria di taman surga. Keduanya dapat bersenang - senang sepuas hatinya. Mereka boleh memakan apa saja makanan yang tersedia di surga. Hanya satu larangan allah kepada mereka, yaitu memakan buah khuldi.


Jebakan Iblis

Iblis telah bersumpah untuk menyesatkan adam dan keturunannya. Iblis pun terus berupaya agar adam terusir dari surga. Pada suatu ketika, iblis berhasil menyelinap dan masuk kedalam surga, kemudian iblis mendapati adam dan hawa sedang merasa kehausan dan kelaparan. Kemudian iblis datang menghampiri mereka sembari berkata 
"Hai adam, tampaknya kau dan istrimu sedang lapar dan haus, Makanlah buah yang ada di hadapanmu itu !, Lihatlah warnanya yang begitu indah dan segar, baunya pun harum, tentunya rasanya sangatlah lezat ! "
Adam tahu, buah yang ada di hadapannya memang tampaknya lain dari pada buah yang lainnya. Namun, adam tidak berani memakannya karena adam juga tahu buah itu adalah buah yang dilarang oleh allah. Dan kemudian, iblis mulai membujuk siti hawa utuk memetik buah itu, namun siti hawa juga tidak berani untuk memetik dan memakan buah itu.

Iblis kecewa dan merasa sakit hati namun iblis tidak putus asa. iblis mencoba untuk mendekati adam kembali. Kali ini iblis berkata kepada adam “ Mengapa tuhan melarangmu makan buah ini ? tak lain agar kalian tidak menjadi malaikat. Sebab jika kalian makan buah itu kalian akan menjadi penghuni kekal di surga ini. Percayalah padaku, aku adalah seorang teman yang memberi nasihat yang baik”. Namun pendirian adam tetap tak tergoyahkan. Adam tidak mau menuruti apa yang iblis nasihatkan kepadanya (memakan buahk khuldi). 


Setelah gagal yang kedua kalinya, iblis pun juga tidak putus asa untuk menggoda adam lagi. Disuatu kesempatan, iblis datang lagi menemui adam. Iblis memilih waktu yang tepat yaitu pada saat adam dan hawa yang baru saja jalan – jalan berkeliling surga dan merasa kelelahan, kehausan, dan kelaparan. Pada saat itulah iblis berkata kepada adam “Hai adam, ketahuilah sebenarnya hanya golongan malaikat saja yang makan buah itu, sebab dengan makan buah itu para malaikat akan mengalami hidup kekal tanpa mengalami kematian”. 

Adam dan hawa mulai terbawa omongan iblis dan mulai mendengarkan apa yang iblis bicarakan. Iblis melanjutkan omongannya “Kami telah melanggar rahasia allah sebelum kalian di ciptakan”, lalu iblis menyambung “ Bahwa kalian tidak akan hidup lama, beberapa waktu lagi kalian akan dimatikan. Nah jika kalian ingin hidup kekal abadi di surga ini makanlah buah itu, Rasanya sungguh lezat tak ada duanya di surga ini. Sungguh bodoh jika kalian tidak menerima nasihatku ini”.


Adam dan Siti Hawa Mulai Tertarik

Iblis meneruskan bujukannya, " Aku bersumpah dihadapan kalian. Demi allah aku sebenarnya hanya memberikan nasihat, karena aku merasa kasih kepada kalian berdua. Larangan tuhan itu tak lain adalah supaya kalian tidak bisa hidup kekal di surga ini."

Hawa yang terkena bujukan iblis itu berkata kepada adam "Rupanya ucapan iblis itu benar, ia telah bersumpah dengan nama allah". Hawa yang lemah hatinya kemudian menghampiri pohon buah khuldi dan memetik buahnya. Pada saat itu adam dan hawa, sedang merasa lelah, haus dan lapar. Terlebih setelah mendengar ucapan iblis bahwa buah khuldi itu rasanya paling lezat di surga. Keduanya pun lupa akan peringatan dan larangan allah. Keduanya lalu memakan buah khuldi tersebut. kemudian allah mencela perbuatan mereka dan berfirman :
Bukankan aku telah melarang kamu berdua mendekati pohon itu, dan aku katakan kepadamu; sesungguhnya syetan itu adalah musuhmu yang nyata
Adam dan siti hawa sangat menyesal. Terlebih setelah memakan buah khuldi itu aurat mereka berdua terbuka. Mereka berlarian kesana kemari sembari menutupi auratnya dengan dedaunan surga. Mereka sangat malu dan takut mendengar firman allah. Namun akhirnya adam dan hawa sadar bahwa mereka tak mungkin dapat menyembunyikan diri dari hadapan allah yang maha tau.

Dengan tertunduk malu, menyesal atas dosa yang telah dilakukan, adam berkata kepada allah, “ Wahai tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendri dan telah melanggar perintahmu, karena terkena bujukan iblis, jika engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk golongan orang – orang yang merugi.”

 
Adam dan Hawa Turun ke Bumi

Allah maha pengasih dan maha pengampun, taubat adam dan hawa diterima. Keduanya diampuni oleh allah, namun atas kesalahan yang telah mereka lakukan itu mereka harus keluar dari surga yang penuh dengan kenikmatan. Ini sesuai dengan kehendak allah yang memang menciptakan manusia sebagai khalifah dibumi, sebagai penghuni dan pengatur planet bumi. Maka allah berfirman :
Demi kemuliaanku, kamu berdua harus meninggalkan surga ini. Kalian akan turun ke bumi yang telah lama terbentang. Disana segala kebutuhan hidupmu tersedia, tetapi kalian harus bersusah payah, harus bekerja keras untuk mendapatkannya.
Selain adam dan hawa, iblis pun juga diusi dari surga dan harus hidup di bumi. Jadi adam dan hawa akan hidup bersama iblis di bumi. Kemudian allah berfirman :
Turunlah kalian ke bumi. Di bumi kamu hidup, dibumi kamu mati. Dari bumi itu pula kamu akan dibangkitkan. Di atas bumi kelak kamu dan anak cucumu akan selalu mendapat godaan dan tipu daya iblis agar anak cucumu celaka dan hidup sengsara. Disana anak cucumu akan menghadapi perjuangan berat, dari jenis laki- laki akan bersusah payah untuk mencari nafkah untuk keluarganya. Dari jenis perempuan akan mengalami kesakitan dikala melahirkan anak. Namu kamu jangan khawatir, kamu dan anak cucumu akan kuberi petunjuk-petunjuk yaitu ajaran – ajaran agama. Barang siapa yang mengikuti petunjuk-ku maka ia akan selamat dari godaan iblis.
Demikian lah, adam dan hawa harus turun dari surga. Sewaktu turun ke bumi adam dan hawa berada ditempat yang terpisah jauh. Konon adam diturunkan di tanah hindia, sedangkan siti hawa diturunkan ditanah arab. Di bumi mereka harus menghadapi tantangan yang berat untuk menghadapi tantangan kehidupan. Wajah bumi yang belum tersentuh tangan manusia keadaanya sangat menyeramkan. Gunung -  gunung menjulang tinggi, jurang – jurang terjal mengangga lebar, pohon – pohon raksasa tumbuh berserakan, binatang – binatang buas baik yang besar atau yang kecil berkeliaran dimana – mana. Untuk melindungi tubuhnya dari hawa dingi dan sengatan srangga, adam dan hawa memakai kulit binatang sebagai pakaiannya.

Selama bertahun –tahun keduanya sling mencari dan berkelana dari satu tempat ketempat yang lain. Perjalanan yang ditempuh sangat sukar dan penuh bahaya. Derita dan sengsara benar – benar mereka rasakan. Akhirnya mereka bertemu di padang ARAFAH setelah mencari selama empat puluh tahun. Betapa terharunya adam ketika melihat keadaan istrinya yang telah kepayahan. Sensara menampak jalan yang sulit dan kejam. Mereka berpelukan, menangis penuh haru.

Kini mulailah bapak baru bagi kehidupan cikal bakal anak manusia. Adam dan hawa tinggal disebuah gua yang besar dan lebar. Gua itu terletak didataran tinggi sehingga tak gampang diserang binatang buas. Dengan bekal yang telah diberikan allah, adam mulai mengelola alam disekitarnya, ia menjinakkan binatang untuk diternakkan, mengelola lahan pertanian, dan perkebunan buah – buahan. Tantangan alam yang keras telah menggerakkan akal pikiran adam agar dapat mempertahankan kehidupan dengan keadaan yang lebih baik.
Apakah karena keselahan nabi adam hingga seluruh umat manusia harus menderita hidup didunia ? bukan ?. Nabi adam memang di ciptakan allah sebagai kholifah atau pengelola bumi dan isinya. Hanya saja, setelah diciptakan nabi adam ditempatkan disurga, setelah itu beliau harus ketempat tujuannya yaitu bumi.

Untuk lebih memahami kisah nabi adam dan siti hawa, silahkan anda lihat vidio di bawah ini dengan seksama yang kami semat dari youtube:


Demikianlah ulasan artikel kami terkait dengan Kisah Nabi Adam A.S dan Siti Hawa yang kami lansir dari buku Kisah Nyara 25 Nabi dan Rosul disetai pengetahuan aqidah islam yang ditulis oleh MB, Rahimsyah, AR. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel