Pengertian Biaya Produksi, Teori, Jenis, Kurva, Rumus, dan Contoh Biaya Produksi

Persoalan biaya memegang peranan yang amat penting dalam pengambilan keputusan (decision making) dari suatu usaha. Istilah biaya produksi dapat mempunyai tafsiran bermacam-macam, hingga pemakaian konsep yang jelas menjadi amat perlu. 



Jumlah barang yang mau diproduksikan dan dijual oleh para pengusaha dengan suatu harga tertentu sangat dipengaruhi oleh biaya produksi dalam menghasilkan barang tersebut. Secara umum dapat dikatakan, bahwa pengertian biaya produksi adalah jumlah kompensasi yang diterima oleh pemilik faktor-faktor produksi yang dipergunakan dalam proses produksi bersangkutan.

Konsep, Jenis, Rumus, Kurva, Contoh Biaya Produksi

Walaupun secara umum biaya produksi dimaksudkan sebagai kompensasi yang diterima oleh para pemilik faktor-faktor produksi, namun di dalam analisis ekonomi, ia diklasifikasikan dalam beberapa golongan sesuai dengan tujuan spesifik dari analisis yang dikerjakan. Dalam jangka panjang yaitu suatu periode dimana seluruh faktor-faktor produksi dapat diubah-ubah besar dan jumlahnya, artinya tidak ada lagi faktor-faktor produksi yang bersifat tetap.

#1 - Biaya Tetap dan Variabel 
Dalam proses produksi jangka pendek terdapat faktor produksi yang dibedakan faktor produksi tetap dan faktor produksi variabel. Pengertian Faktor produksi tetap dimaksudkan adalah faktor produksi yang tidak berubah dalam satu kali proses produksi. Pengertian Faktor produksi variabel adalah faktor produksi yang dapat diubah-ubah jumlahnya.

Dalam jangka pendek terdapat Biaya Tetap (Fixed Cost) yaitu biaya yang timbul karena faktor produksi tetap, sementara tingkat keluaran (output) berubah dalam jangka pendek. Biaya Variabel (Variable Cost) adalah biaya yang berubah sebagai respon terhadap perubahan dalam tingkat keluaran yang diproduksi perusahaan.

#2- Biaya tetap total (Total Fixed Cost)
Biaya ini mewakili biaya-biaya untuk faktor-faktor produksi tetap. Biaya ini hanya mempunyai arti dalam jangka pendek, dimana faktor-faktor produksi yang dipergunakan merupakan faktor aproduksi tetap. Jumlah biaya ini tidak tergantung pada jumlah produk yang dihasilkan. 

#3- Biaya variabel total (Total Variable Cost)
Biaya ini mewakili jumlah biaya-biaya untuk faktor-faktor produksi variabel. Biaya ini dapat berbentuk uang tunai, barang atau nilai uang jasa dan kerja yang sesungguhnya tidak dibayarkan. Besar biaya variabel total ditentukan oleh fungsi produksi atau oleh produk total dari proses produksi yang bersangkutan. 

Ditinjau dari sumbu horisontal, kurva biaya variabel total mula-mula cekung dan setelah melewati titik balik B’, lalu berubah menjadi cembung. Hal ini disebabkan secara secara hipotetis produksi mula-mula berlangsung dengan kenaikan hasil bertambah, tetapi setelah titik balik mengalami kenaikan hasil berkurang. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa makin banyak jumlah produk yang dihasilkan, biaya variabel total menjadi semakin besar.

#4- Biaya total (Total Cost)
Biaya total merupakan penjumlahan biaya tetap total dengan biaya variabel total. Hubungan antara jumlah produksi dengan biaya total dapat dijelaskan pada gambar  39. Tanpa memperhatikan apakah produksi berlangsung dengan kenaikan hasil bertambah atau berkurang, secara umum dapat dikatakan, bahwa semakin banyak produk yang dihasilkan semakin besar biaya total yang digunakan. 

Kegunaan biaya total ini adalah untuk menentukan pendapatan dari suatu usaha. Apabila diperhatikan secara detail kurva Biaya Total (total cost) dicirikan pada saat produksi antara 0 – Y1, kurva biaya total meningkat dengan tambahan biaya yang semakin menurun, selanjutnya dengan meningkatnya produksi akan (setelah Y1) akan menyebabkan kenaikan biaya total dengan kenaikan biaya yang semakin menurun. Hal ini dikarenakan adanya keterkaitan antara kurva biaya dengan kurva produksi yang mengikuti berlakunya Law of Diminishing Return.  


Total Variable Cost
Persoalan biaya memegang peranan yang amat penting dalam pengambilan keputusan  Pengertian Biaya Produksi, Teori, Jenis, Kurva, Rumus, dan Contoh Biaya Produksi
Kurva TFC, TVC dan TC

#5 - Biaya tetap rata-rata (Average Fixed Cost)

Pengertian Biaya tetap rata-rata adalah pembagian antara biaya tetap total dengan jumlah produk yang dihasilkan  pada tiap tingkat produksi. Secara grafik disajikan pada gambar di bawah ini. 
Persoalan biaya memegang peranan yang amat penting dalam pengambilan keputusan  Pengertian Biaya Produksi, Teori, Jenis, Kurva, Rumus, dan Contoh Biaya Produksi
Kurva Biaya Tetap Rata-rata
Semakin banyak produk yang dihasilkan, makin rendah biaya tetap rata-rata yang dikeluarkan, akan tetapi tidak pernah sampai nol ataupun negative.Kurva Biaya tetap rata-rata turun dari kiri atas ke akanan bawah semakin mengecil biayanya akan tetapi tidak akan nol atau negative. Hal ini disebabkan dalam jangka pendek, sebuah perusahaan selalu menggunakan factor produksi tetap, sehingga jumlah rata-ratanya akan semakin kecil dengan semakin bertambahnya ju mlah produksi dan tidak akan sama dengan nol.

#6 - Biaya variabel rata-rata (Average Variable Cost)
Pengertian Biaya variabel rata-rata adalah hasil bagi antara biaya variabel total dengan jumlah produk yang dihasilkan. Apabila produk yang dihasilkan sebesar Y satuan, menggunakan faktor produksi sebesar X dan harga faktor produksi variabel Px, maka besarnya biaya variabel rata-rata (Average Variable Cost) adalah :
Hal ini menjelaskan bahwa pergerakan kurva biaya variabel rata-rata mengikuti pergerakan kurva produk rata-rata. Apabila produk rata-rata naik, maka kurva biaya variabel rata-rata menurun, begitu sebaliknya pada saat kurva produk rata-rata turun maka kurva biaya variable rata-rata naik. Pada saat produk rata-rata mencapai titik maksimum C, maka biaya rata-rata mencapai minimum. 

Produk rata-rata mencapai maksimum saat menggunakan factor produksi sebesar X1 dan memperoleh produksi sebesar Y1 dan memperoleh produk rata-rata sebesar AP1. Secara detail disajikan pada gambar di bawah ini. Kurva biaya variable rata-rata menyerupai huruf U, yang semula turun dengan kenaikan produksi, mencapai titik minimum dan selanjutnya akan naik dengan meningkatnya produksi.
Persoalan biaya memegang peranan yang amat penting dalam pengambilan keputusan  Pengertian Biaya Produksi, Teori, Jenis, Kurva, Rumus, dan Contoh Biaya Produksi
Kurva Biaya Variabel Rata-rata (Average Variable Cost)
#7- Biaya Total Rata-rata (Average Cost)
Pengertian  Biaya total rata-rata adalah hasil bagi biaya total dengan jumlah produk, atau dapat juga dimaksudkan penjumlahan biaya tetap rata-rata dengan biaya variabel rata-rata. Secara matematis disimbolkan AC = AFC + AVC atau Average Cost merupakan penjumlahan antara Average Fixed Cost dan Average Variable Cost. Hubungan antara biaya total rata-rata dengan jumlah produk dijelaskan pada gambar di bawah ini.
Persoalan biaya memegang peranan yang amat penting dalam pengambilan keputusan  Pengertian Biaya Produksi, Teori, Jenis, Kurva, Rumus, dan Contoh Biaya Produksi
Kurva Biaya Total rata-rata (Average Cost)
Gambar diatas menjelaskan bahwa kurva biaya total rata-rata (Average Cost = AC) berada diatas biaya variabel rata-rata (Average Variable Cost = AVC). Hal ini disebabkan karena biaya total rata-rata di tiap tingkat produksi lebih besar daripada biaya variabel rata-rata, dikarenakan adanya tambahan biaya tetap rata-rata (Average Fixed Cost = AFC). 

Bentuk kurva AC sama dengan AVC, hanya saja titik minimum M pada kurva biaya total rata-rata terletak disebelah kanan titik minimum kurva biaya variabel rata-rata C. Hal ini disebabkan, sampai suatu jarak tertentu setelah titik minimum kurva AVC, kenaikan AVC masih lebih kecil dari pada penurunan AFC hingga AC masih terus turun sampai AC mencapai titik minimumnya. Selanjutnya kurva biaya total rata-rata mulai naik, apabila kenaikan AC sudah lebih besar dari penurunan AFC.  

#9- Biaya Marjinal (Marginal Cost)

Pengertian Biaya marjinal adalah tambahan biaya yang dikeluarkan pengusaha untuk mendapatkan tambahan satu satuan produk pada suatu tingkat produksi tertentu.  Tambahan biaya dirumuskan DX . Px, sedangkan tambahan produk dirumuskan DY. Jadi biaya marjinal dirumuskan  :

Dengan anggapan Px konstan, maka pergerakan kurva biaya marjinal (marginal cost) mengikuti pergerakan kurva produk marjinal. Apabila produk marjinal naik maka biaya marjinal turun. Kemudian apabila produk marjinal mencapai maksimum maka biaya marjinal mencapai minimum dan akhirnya apabila kurva produk marjinal turun maka biaya marjinal naik. 

Pergerakan kurva biaya marjinal disajikan pada gambar  di bawah ini. Gambar tersebut menjelaskan bahwa kurva biaya total rata-rata (Average Cost = AC) berada diatas biaya variabel rata-rata (Average Variable Cost = AVC). Hal ini disebabkan karena biaya total rata-rata di tiap tingkat produksi lebih besar daripada biaya variabel rata-rata, dikarenakan adanya tambahan biaya tetap rata-rata (Average Fixed Cost = AFC). 

Titik minimum M pada kurva biaya total rata-rata terletak disebelah kanan titik minimum kurva biaya variabel rata-rata C, sebab sampai suatu jarak tertentu setelah titik minimum kurva AVC, kenaikan AVC masih lebih kecil dari pada penurunan AFC hingga AC masih terus turun sampai AC mencapai titik minimumnya. Kurva biaya total rata-rata baru mulai naik, apabila kenaikan AC sudah lebih besar dari penurunan AFC. 
Kurva Biaya Marjinal (Marginal Cost)
Hubungan biaya tetap, variabel dan total rata-rata serta biaya marjinal disajikan pada gambar  di bawah ini.
Persoalan biaya memegang peranan yang amat penting dalam pengambilan keputusan  Pengertian Biaya Produksi, Teori, Jenis, Kurva, Rumus, dan Contoh Biaya Produksi
Kurva Hubungan antara MC, AVC, AFC dan AC
Perhatikan letak titik minimum kurva MC, AVC dan AC. Titik minimum B dari kurva MC terletak pada ordinat yang lebih rendah daripada titik A dari AVC. Titik minimum AVC lebih rendah dari titik minimum AC pada titik M. Kurva MC melewati titik minimum AVC dikarenakan pada titik tersebut besarnya produk marjinal sama dengan produk rata-rata sehingga MC sama dengan AVC. 

Apabila biaya total rata-rata turun, bi  aya marjinal akan lebih kecil daripada biaya total rata-rata, dan jika biaya total rata-rata naik maka biaya marjinal akan menjadi lebih besar daripada biaya total rata-rata. Oleh sebab itu kurva biaya marijinal (MC) akan memotong kurva biaya total rata-rata (AC) pada titik minimumnya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Biaya Produksi, Teori, Jenis, Kurva, Rumus, dan Contoh Biaya Produksi yang kami rangkum dari buku bacaan pribadi kami dan dapat anda jadikan sebagai bahan makalah biaya produksi. Mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga bermanfaat.


Sumber: Hariyati, Yuli. 2007. Ekonomi Mikro. Jakarta: CSS.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel