Pengertian dan Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Manajemen pada dasarnya adalah proses kegiatan yang harus dilakukan dalam setiap organisasi atau perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dengan melalui kerja sama orang -orang dengan menggunakan sumber daya - sumber daya tersedia. Namun terdapat beberapa pengertian manajeman menurut para ahli lain, adalah sebagai barikut: 



1. Pendapat John D. Millet
Manajemen adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas - fasilitas kerja terhadap orang - orang yang bergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan. - Jhon D. Millet
2. Pendapat Harold & Cryil O'donnell 
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan - kegiatan dari pada orang lain. - Harold & Cryil O'donnell 
3. Pendapat Oei Liang Lee
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat - alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. - Oei Liang Lee
Berdasarkan definisi yang di kemukakan oleh beberapa ahli manajemen, maka dapat disimpulkan bahwa definisi manajemen atau pengertian manajemen adalah ilmu dan seni untuk mendapatkan sesuatu melalui kerja sama dengan orang lain yang direncanakan, diorganisasi, dikoordinasi, dan diarahkan berdasarkan suatu tujuan yang telah ditetapkan. 

Fungsi - Fungsi Manajemen
#1. Planning (Perencanaan)
Perencanaan adalah penetapan terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan kemudian, dalam batas waktu tertentu untuk mendapatkan hasil tertentu, dengan penggunaan faktor - faktor tertentu. Secara garis besar dalam perencanaan menggambarkan tentang apa, bagaimana, mengapa, dan kapan suatu kegiatan akan dilakukan.

#2. Organizing (Pengorganisasia)
Dalam pengorganisasian ditetapkan sistem organisiasi yang dianut dalam menetapkan pembagian pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab dari masing - masing orang yang ikut bekerja untuk mempermudah pencapaian suatu tujuan yang telah ditetapkan di perencanaan. 

#3. Directing (Pengarahan)
Pengarahan adalah pemberian intruktis resmi dari manajer kepada para bawahan agar para bawahan mau melaksanakan tugas yang dibebankan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan pada perencanaan. bentuk pengarahan yang diberikan oleh manajer dapat berypa orientasi, perinta, maupun delegasi wewenang. 

#4. Coordinating (Pengkordinasian dan Penyusunan Staf)
pengkoordinasian adalah kegiatan terutama yang dilakukan oleh manajer untuk menyelaraskan berbagai macam pendapat antara masing - masing orang kepada suatu keadaan yang harmonis sehingga suatu tujuan yang telah ditetapkan akan dapat tercapat.

#5. Controlling (Pengawasan)
Pengawasan merupakan penilaian terhadap pekerjaan baik yang sedang dikerjakan maupun yang sudah selesai dikerjakan, sehingga dapat diketahui bila terjadi penyimpangan - penyimpangan dan dapat dilakukan perbaikan - perbaikan agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. 

Secara keseluruhan mekanisme kerja dari fungsi - fungsi manajemen tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar diatas menunjukan bahwa manajemen bermula dari adanya informasi untuk memanfaatkan sumberdaya - sumberdaya yang tersedia baik berupa sumberdaya alam (natural resource) maupun sumber daya manusia (human resource) guna memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia itu sendiri. Untuk mencapai hasil yang sebaik - baiknya, kegiatan tersebut perlu dilaksanakan secara manajerial melalui fungsi -fungsi manajemen.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan  Pengertian Manajemen Lengkap dengan Fungsi Manajemen yang kami rangkum dari berbagai macam artikel online lain. Semoga bermfaat dan terima kasih telah berkunjung. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel