BUKU PROGRAM LATIHAN KEPRAMUKAAN
Friday, January 26, 2018
Edit
Halaman ini menampilkan artikel tentang buku program latian kepramukaan di gugus depan dan contoh program serta program kegiatan kepramukaan di gugus depan dan ini merupakan panduan sementara haya digunakan untuk kalangan sendiri
BUKU PROGRAM LATIHAN
KEPRANUKAAN
BUKU PROGRAM LATIHAN
KEPRANUKAAN
DI GUGUS DEPAN
UNTUK PENGGALANG SD/MI DAN SMP/MTS
ATAU YANGSEDERAJAT
DIPAKAI UNTUK KALANGAN SENDIRI
OLEH
TRI RAHAYUDI,S.Pd.SD
KATA PENGANTAR
Pramuka merupakan wahana kaum muda yang suka berkarya,pramuka sangat erat hubungan dengan pendidikan penempaan generasi muda yang mandiri,bertaqwa,berbudipekerti luhur,Berjiwa pancasila.
Pramuka adalah wahana perekat Bangsa,yang tidak pernah membeda-bedakan suku,ras agama dalam kehidupan di Indonesia.
Dalam kurikulum 2013,Pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang di prioritaskan, untuk itu penyusun buku ini menyajikan buku Program Latihan Kepramukaan Gugus Depan dengan tujuan membantu mempermudah pelaksanaan pendidikan kepramukaan tersebut bagi Pembina.
Penyusun menyadari buku ini banyak kekurangannya, untuk itu mohon maaf yang sebesar-besarnya ,semoga buku ini memberikan manfaat bagi perkembangan gerakan pramuka
Amin
Mengetahui Lampung Tengah, Agustus 2017
Ka Mabigus SDN Payung Rejo Penyusun
Ka Mabigus SDN Payung Rejo Penyusun
SATI SUMARTI,S.Pd .SD TRI RAHAYUDI.S.Pd.SD
Gerakan Pramuka
Kuwartir Ranting Pubian
Ketua
ABDUL BARI,MG
NTA:080219000001
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR…………………………………………………… i
DAFTAR ISI …………………………………………………………… i
CONTOH PROGRAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN……………… i
PROGRAM LATIHAN KEPRAMUKAAN DI GUGUS DEPAN……… i
CONTOH PROGRAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN
A. PROGRAM JANGKA PENDEK
1. Mengadakan latihan pramuka tiap Sabtu Minggu sekali,dihari sabtu,pukul 11.30 – 12.40
2. Mengadakan pengisian SKU Tingkat Ramu dan Rakit serat Trap
3. Mengadakan pelatihan Ramu,Rakit serta Tarp.
4. ……………………………………………..Dst
B. PROGRAM JANGKA MENENGAH
1. Mengadakan kegiatan heking/pengembaraan
2. Mengadakan Latihan Bersama/Gabungan dengan Gudep lain
3. Mengadakan perkemahan sehari (Persari) di Gugus depan atau Perkemahan Sabtu,Minggu (Pesami)
4. ………………………………………………Dst
C. PROGRAM JANGKA PANJANG
1. Mengadakan perkemahan yang dilaksanakan Pemerintah/Kwarran/Kwarcab/Kwarda/Kwarnas atau menghadiri Undangan Gudep lain
2. Mengadakan Kerja Bakti di Lingkungan Gugus Depan
3. Mengadakan Study Banding dengan Gudep lain atau Kwarran lain.
4. ………………………………………………Dst
Ka Gudep ………,…….20……..
Pembina
................................. ......................................
Mengetahui
Ka.Mabigus
.....................
PROGRAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN
DI GUGUS DEPAN
NO | MATERI | INDIKATO | WAKTU | PARAF |
1 | Janji Pramuka Tri Satya | a. Menjelaskan arti Tri Satya | ||
b. Hafal Tri Satya | ||||
c. Mengamalkan Trisatya dalam kehidupan sehari-hari | ||||
2 | Kode Moral Pramuka, Dasa Dharma Pramuka | a. Menjelaskan 10 isi Dasa Dharma | ||
b. Hafalan Dasa Dharma | ||||
c. Mengamalkan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari | ||||
3 | Pengertian Pramuka | a. Menjelaskan pengertian Pramuka | ||
b. Menjelaskan alasan Pramuka mengenai seragam coklat tua atau coklat muda | ||||
c. Menjelaskan tanda pengenal yang dikenakan Pramuka | ||||
4 | Tingkatan Pramuka | a. Menyebutkan tingkatan Pramuka | ||
b. Menjelaskan arti kiasan dasar Tingkatan Dalam Pramuka | ||||
c. Menjelaskan usia pramuka berdasarkan Tingkatannya | ||||
d. Menjelaskan tingkatan Pramuka dalam masing-masing satuan (S-G-T-D) | ||||
5 | Lambang Pramuka | a. Menyebutkan Lambang Pramuka | ||
b. Menyebutkan penemu Lambang Pramuka | ||||
c. Menjelaskan arti Kiasan Lambang Gerakan Pramuka | ||||
d. Menjelaskan alasan Pramuka menggunakan Tunas Kelapa sebagai Lambang Gerakan Pramuka | ||||
6 | Hymne Pramuka | a. Menyebutkan Hymne Pramuka | ||
b. Menyanyikan Hymne Pramuka dengan benar | ||||
7 | Bendera Pramuka | a. Menjelaskan bentuk dan dan warna bendera Pramuka | ||
b. Menjelaskan ukuran bendera pramuka | ||||
c. Menguraikan bendera Pramuka sesuai dengan Bab/Pasal dalam AD/ART gerakan Pramuka | ||||
8 | Sejarah Pramuka a. Dunia b. Indonesia | a. Menjelaskan sejarah Pramuka Dunia sengan singkat | ||
b. Menjelaskan sejarah Pramuka Indonesia dengan singkat c. Menyebutkan tokoh pandu Dunia /Pramuka dunia dan Indonesia | ||||
9 | Motto Pramuka | a. Menyebutkan Motto Gerakan Pramuka | ||
b. Menjelaskan Motto Gerakan Pramuka | ||||
10 | Salam Pramuka | a. Menjelaskan pengerian Salam Pramuka | ||
b. Memberikan salam Pramuka dengan sikap yang benar | ||||
c. Memberi salam /penghormatan kepada pihak – pihak yang harus dihormati (Presiden/wakil,Bendera Negara,Jenazah,dan lain-lain | ||||
d. Tahu kepada siapa salam-salam Pramuka diberikan | ||||
11 | Fungsi Pramuka | a. Menjelaskan fungsi gerakan Pramuka (sebagai gemaanak muda, pengabdian orang dewasa alat bagi masyarakat / Organesasi | ||
b. Memenuhi permintaan masyarakat/Organesasi/Pemerintah jika difungsikan | ||||
12 | Tujuan Gerakan Pramuka | - Menjelaskan tujuan Gerakan Pramuka | ||
13. | Sifat Gerakan Pramuka | - Menjelaskan sifat Gerakan Pramukayang (Nasional Internasional dan Universal) | ||
14 | Prinsip dasardan metode Pramuka | a. Menjelaskan pengetian prinsip dasar dan metode kepramukaan | ||
b. Menyebutkan prinsip dasar dan metode kepramukaan sesuai AD Gerakan Pramuka bab 1V pasal 11 | ||||
c. Menyebutkan metode kepramukaan (Cara belajar progresif) Pramuka | ||||
15 | Permainan Pramuka | a. Menyebutkan contah permainan Pramuka | ||
b. Memperagakan permainan Pramuka dengan adik-adik | ||||
c. Menjelaskan manfaat permainan Pramuka yang diperagakan (merepleksi) | ||||
d. Menjelaskan pesan moral yang terdapat pada permainan yang di perankan | ||||
16 | Upacara penggalang Pramuka | a. Menjelaskan tujuan upacara | ||
b. Menjelaskan manfaat upacara | ||||
c. Menjelaskan urutan upacara pembukaan / penutupan latihan Pramuka | ||||
d. Mempraktekkan pembukaan upacara/penutupan Pramuka bersama dengan adik-adik dengan benar | ||||
17 | Baris berbaris | a. Menjelaskan pengetian PBB | ||
b. Menyebutkan unsure-unsu dalam PBB | ||||
c. Menjelaskan aba-aba dalam PBB | ||||
d. Memberikan contoh gerakan PBB dengan benar | ||||
e. Menyebutkan gerakan PBB dari siap,istirahat,jalan ditempat,melangkah dengan benar | ||||
18 | Tali temali | a. Menjelaskan manfaat tali temali | ||
b. Memberikan contoh yang benar Macam-macam tali-temali (simpul) | ||||
c. Memperagakan tali temali kedalam bentuk bangunan mini / Pionering(missal:menara,tenda,tiangbendera dan lain-lain | ||||
19 | Sandi-sandi Pramuka | a. Memberikan sandi dengan benar | ||
b. Menterjemahkan sandi dengan benar | ||||
c. Membuat pesan melalui sandi dengan beanr | ||||
d. Mampu menciptakan sandi sendiri | ||||
e. Menguasai sandi-sandi Pramuka | ||||
20 | Kompas dan Penggunaannya | a. Menjelaskan pengerian Kompas | ||
b. Menjelaskan fungsi/kegunaan kompas | ||||
c. Menjelaskan bermacam-macam kompas | ||||
d. Menggunakan kompas dengan benar | ||||
21 | Pengetahuan Peta | a. Menjelaskan pengertian Peta | ||
b. Menyebutkan macam-macam peta | ||||
c. Dapat membuat denah,peta,perjalanan,peta pita | ||||
22 | SKU Ramu,Rakit dan Trap | a. Mengadakan ujian pengisian SKU Ramu ,Rakit dan Trap | ||
b. Melantik Penggalang Ramu,Rakit dan Trap, setelah menyelesaikan ujian SKU nya. |
Catatan :
Materi Pramuka dapat Payung Rejo,26 Agustus 2017
dikembangkan sendiri Penyusun
dan diupayakan sendiri
Sudah izin :
Diketik ulang oleh : AKHMAD SUTRISNO TRI RAHAYUDI,S.Pd.SD
NIP:08680817 200701 1 014
NIP:08680817 200701 1 014