Soal Manajemen Tentang Majemen Pemasaran Lengkap Jawaban
Sunday, October 15, 2017
Edit
Pembahasan Soal : Saudara/ri membutuhkan soal manajemen operasi. Jika itu saudara/ri yang
butuhkan maka tidak salah membuka halaman ini. Halaman ini menyajikan soal manajemen operasi lengkap jawaban dalam bentuk pilihan ganda. Silahkan dibaca soal dibawah ini.
-
a. Homogenb. Menyebarc. Mengelompokd. Homogenitas pasarJawaban: a
- Aktivitas mental dan fisik seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli adalah definisi ....a. Perilaku pembelian pelangganb. Perilaku sosial pembelic. Perilaku konsumend. Perilaku pasarJawaban: c
- Suatu kelompok dimana seorang pemegang kartu kredit tertentu (gold, platinum) bercita-cita ingin menjadi milik/bagian kelompok pemegang kartu kredit tersebut dinamakan kelompok ....a. Disasosiatifb. Aspirasic. Keanggotaand. AsosiasiJawaban: b
- Konsep inti pemasaran menurut Bagozi adalah ....a. Kebutuhanb. Pertukaran nilaic. Pasard. IndividuJawaban: b
- Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian nilai pelanggan superior. Yang dimaksud dengan nilai pelanggan superior adalah...a. Pengorbanan dikurangi dengan manfaat.b. Jawaban Anda salah, seharusnya manfaat dikurangi dengan pengorbananc. Manfaat kotor sebelum dikurangi pengorbanan pelanggan yang diwujudkan dalam pembayarand. Manfaat bersih suatu produk (setelah dikurangi dengan pengorbanan pelanggan), yang lebih baik dibanding pesaingJawaban: d
- Peran pemasaran dalam perusahaan pada jenjang operasional atau fungsional adalah ....a. Memutuskan kapan dan bagaimana cara melakukan kemitraanb. Menentukan bagaimana melakukan persainganc. Didasarkan pada bauran pemasarand. Mengkampanyekan orientasi pelangganJawaban: c
- Dalam pelakasanaan konsep pemasaran sebagai filosofi bisnis, pemasar melakukan koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran untuk tercapainya ....a. Kepuasan pelangganb. Keuntungan jangka pendek perusahaanc. Kepuasan personil produksi dan pemasarand. Harga lebih murah dibanding pesaingJawaban: a
- Tanggung jawab manajer pemasaran suatu perusahaan dalam upaya membangun keterhubungan dengan pelanggan antara lain.. ..a. Penciptaan nilai pelanggan inferiorb. Penolakan aktivitas retensi pelangganc. Penciptaan laba jangka pendek perusahaand. Fokus pada upaya penciptaan kepuasan pelangganJawaban: d
- Pemasaran yang dilakukan di dalam organisasi, khususnya oleh pimpinan kepada karyawan merupakan lingkup aktivitas konsep pemasaran holistik pada komponen ....a. Pemasaran internalb. Pemasaran tanggungjawab sosialc. Pemasaran terintegrasid. Pemasaran keterhubunganJawaban: a
- Tugas pemasar tidaklah mudah. Pemasar perlu memperhatikan lingkungan makro ekstern, salah satunya perlu mengetahui bagaimana cara hidup, keyakinan dan kesenangan calon konsumen sebagai bagian dari faktor....a. Sosial dan budayab. Perekonomianc. Demografid. Politik dan hukumJawaban: a
- Contoh peluang barang atau jasa yang dapat ditawarkan pemasar pada tahap keluarga sarang penuh I adalah ....a. Lemari es dan komporb. Makanan bayi dan mainan anak-anak.c. Tabungan dan pelajaran musikd. Barang-barang mewah dan perbaikan rumahJawaban: b
- Faktor yang bukan merupakan bagian dari hirarki kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Maslow adalah....a. Kebutuhan harga dirib. Kebutuhan keselamatanc. Kebutuhan sosiald. Kebutuhan mencoba hal baruJawaban: d
- Tahapan apa yang akan langsung dilakukan konsumen setelah mencari informasi dalam proses pengambilan keputusan?a. Mengevaluasi berbagai alternatifb. Menentukan kebutuhan dan keinginanc. Membuat keputusan belid. Mengevaluasi pasca beliJawaban: a
- Produk yang mempunyai daya penarik rendah tetapi dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang merupakan pengertian produk ....a. Sangat diperlukanb. Spesialc. Shoppingd. BermanfaatJawaban: d
- Volume penjualan yang mulai melambat pertumbuhannya, dan berada dalam kondisi stabil sebelum akhirnya menurun merupakan deskripsi produk yang berada pada tahap .... dalam daur hidup produka. Kedewasaanb. Penurunanc. Perkenaland. PertumbuhanJawab:A. Jawaban Anda benar
- Modifikasi pasar dapat dilakukan dengan cara ....a. Menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen barub. Mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lain yang lebih agresifc. Perbaikan kualitas produkd. Mencari pembeli baru dan segmen pasar baruJawaban: d
- Strategi utama yang dapat ditempuh perusahaan dalam menawarkan produk yang berada pada tahap perkenalan dalam daur hidup produknya adalah dengan ....a. Modifikasi produkb. Mengadakan perbaikan-perbaikan terhadap produknyac. Meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasard. Meningkatkan kualitas produkJawaban: c
- Perubahan harga akan mengakibatkan perubahan yang lebih kecil pada volume penjualan merupakan sifat permintaan ....a. Elastisb. Inelastisc. Unitary elasticityd. Inunitary elasticityJawaban: b
- Kondisi dimana beberapa penjual menguasai pasar, sehingga harga yang ditetapkan dapat lebih tinggi merupakan jenis persaingan ....a. Oligopolib. Persaingan tidak sempurnac. Monopolid. MonopolistikJawaban:a
- Salah satu metode penetapan harga yang bukan berorientasi pada biaya adalah metode penetapan harga....a. Mark-upb. Rate-of-returnc. Paritas kompetitifd. Break-evenJawaban: c
- Keuntungan bagi perusahaan menggunakan perantara adalah sebagai berikut, kecuali ....a. Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumenb. Perantara dapat membantu di bidang penyimpanan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas penyimpananc. Membantu pengadministrasian persediaan lokald. Membantu dalam penyortiranJawaban: c
- Semua aktivitas yang secara langsung terkait dengan penjualan barang dan jasa pada konsumen akhir untuk digunakan sendiri, bukan untuk bisnisadalah pengertian dari ....a. Perdagangan eceranb. Pengecerc. Pedagang besard. AgenJawaban: a
- Jenis jasa yang diberikan agen pelengkap bervariasi, misal jasa pembimbingan/konsultasi, bantuan bidang finansial, dan penyediaan informasi. Contoh agen pelengkap yang membantu dalam pengambilan keputusan adalah ....a. Bankb. Radioc. Surat kabard. Lembaga penelitianJawaban: d
- Faktor yang harus dipertimbangkan dari segi barang dalam pemilihan saluran distribusi adalah ....a. Jumlah pembeli potensialb. Jumlah pesananc. Sumber pembiayaand. Luasnya lini produkJawaban: d
- Faktor yang harus dipertimbangkan produsen dari segi perantara dalam pemilihan saluran distribusi adalah ....a. Volume penjualanb. Luasnya lini produkc. Nilai unitd. Jumlah pembeli potensialJawaban: a
- Jika perusahaan menawarkan barang konvenien, maka distribusi yang dapat dipakai adalah distribusi ....a. Selektifb. Intensifc. Eksklusifd. EkstensifJawaban: b
- Proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi untuk berdialog dengan berbagai macam khalayak dengan cara mengembangkan, menyajikan dan mengevaluasi sejumlah pesan kepada khalayak stakeholder adalah pengertian dari ....a. Komunikasi massab. Pemasaran keterhubunganc. Komunikasi pemasarand. Komunikasi antar-peroranganJawaban: c
- Kegiatan pengiriman pesan yang berupa iklan dalam komunikasi pemasaran disebut dengan ....a. Encodingb. Decodingc. Feedbackd. SenderJawaban: a
- Dalam proses adopsi, tahapan dimana pembeli mengambil keputusan untuk menerima atau menolak produk yang sudah dicoba disebut dengan tahap ....a. Kesadaranb. Evaluasic. Percobaand. AdopsiJawaban: d
- Bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang, dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu disebut ....a. Penjualan tatap mukab. Periklananc. Publisitasd. Promosi penjualanJawaban: b
- Salah satu kegiatan dalam promosi penjualan adalah ....a. Komunikasi melalui media massab. Kampanye melalui telepon (telemarketing)c. Peragaan/pertunjukand. Konfrensi pers dan lobiJawaban: c
- Di bawah ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh humas....a. Penyebaran informasi menggunakan media massa seperti: radio, televisi, surat-kabar, majalah, papan luar ruang atau balihob. Kampanye melalui surat, telepon, fax, e-mail, dan alat non-pribadi lainnyac. Electronic shopping melalui katalog komputer yang on-line dari rumah ke tokod. Komunikasi korporat, lobying, dan konfrensi persJawaban: d
- Periklanan yang ditujukan untuk mendorong para penyalur agar bersedia meningkatkan permintaan suatu produk dengan menjualkan sebanyak-banyaknya kepada pembeli atau pengecer disebut dengan...a. Pull demand advertisingb. Push demand advertisingc. Pull supply advertisingd. Push suplly advertisingJawaban: b
- Penyusunan anggaran periklanan untuk produk baru dengan memperhatikan faktor probabilitas dalam setiap keputusan agar produk tersebut tercapai kondisi yang optimal dapat menggunakan metode....a. Matematisb. Bayesianc. Tugasd. SubyektifJawaban: b
- Proses manajemen pemasaran merupakan proses penyampaian nilai yang memberikan gambaran tentang tahapan-tahapan yang dilakukan oleh pemasar dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar atau pelanggan sasaran. Proses penyampaian nilai itu digambarkan dalam bentuk berbagai aktivitas yang ...a. Dimulai dari pengukuran hasil dan diakhiri dengan implementasi rencana pemasaranb. Dimulai dari penganalisisan peluang pemasaran dan berakhir pada pengendalian pemasaranc. Terdiri dari proses identifikasi kendala dalam mencapai tujuand. Terfokus pada proses penyusunan perencanaan strategis tanpa memperhatikan lingkungan eksternalJawaban: b
- Tahap pertama yang perlu dilakukan manajemen dalam proses perencanaan strategis adalah ....a. Memilih strategi dan taktikb. Mengevaluasi hasilc. Menetapkan tujuand. Menganalisis situasi bisnisJawaban: d
- Salah satu masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan program pemasaran adalah ....a. Terbatasnya jumlah pegawai yang kompetenb. Bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran pemasaranc. Mengidentifikasi target penjualan pesaingd. Tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk perusahaanJawaban: b
- Memilih pelanggan sasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginannya, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari ....a. Taktikb. Strategic. Tujuand. SasaranJawaban: b
- Kegiatan berikut ini yang bukan merupakan bagian dari tahap pengembangan dan pengujian dalam tahap pengembangan produk baru adalah .....a. Pengujian konsepb. Penilaian laboratoriumc. Tes kesukaan konsumend. Pengujian tentang konsep produkJawaban: d
- Pengujian pasar sebagai salah satu tahap dalam pengembangan produk baru dianggap sangat penting karena dapat.........a. Memastikan keberhasilan suatu produk baru di masa mendatangb. Mengurangi kerugian finansial dari produk lainc. Menghindari pemutusan hubungan kerja karyawand. Mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaanJawaban: d
- Pakaian, elektronik, dan perabot rumah tangga merupakan contoh dari produk ….a. Konvenienb. Shoppingc. Spesiald. IndustrialJawaban: b
- Sekelompok produk yang dapat memuaskan segolongan kebutuhan tertentu dinamakan ....a. Bauran produkb. Daur hidup merekc. Product itemd. Lini produkJawaban: d
- Salah satu contoh produk yang betul-betul baru dan tidak ada produk substitusinya adalah ....a. Obat kankerb. Alat penyimpan data (flash disc) yang sekaligus dapat memutar lagu (MP3)c. Mobil model tahun yang akan datangd. Ponsel dengan fitur koneksi internetJawaban: a
- Alasan perusahaan menggunakan strategi profil tinggi dalam tahap perkenalan adalah ....a. Perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnyab. Pasarnya sangat luasc. Mereka yang menginginkan produk tersebut bersedia membayar pada harga yang tinggid. Perusahaan menghadapi pesaing-pesaing potensialJawaban: a
- Strategi yang dapat ditempuh perusahaan bila ingin mempunyai posisi yang kuat pada satu segmen saja merupakan strategi ....a. Konsentrasi segmen tunggalb. Konsentrasi segmen gandac. Memasuki pasard. Bauran pemasaranJawaban: a
- Salah satu faktor demografis pribadi yang dapat dipakai untuk mensegmentasikan pasar konsumen yaitu ....a. Biaya hidupb. Jenis kelaminc. Kepribadiand. Kelas sosialJawaban: b
- Jika Anda membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba maka Anda tergolong dalam kelompok....a. Pasar internasionalb. Pasar bisnisc. Pasar penjuald. Pasar pemerintahJawaban: c
- Ukuran perusahaan, usia perusahaan, bahasa yang digunakan dan pola pertumbuhan adalah faktor-faktor yang digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan ....a. Pasar konsumenb. Produkc. Hargad. Pasar bisnisJawaban: d
- Salah satu persyaratan atau faktor yang harus dipertimbangkan untuk menunjang upaya mensegmentasikan pasar secara efektif adalah ....a. Bahasa yang digunakanb. Segmen pasar yang cukup luasc. Pola pertumbuhand. Jenis industriJawaban: b
- Apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menerapkan strategi penentuan sasaran pasar undifferentiated marketing?a. Mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli dengan membagi pasar ke dalam dua segmenb. Berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanyac. Memusatkan pemasaran pada satu atau beberapa kelompok pembeli sajad. Membuat produk dan program pemasaran yang berbeda-beda pada setiap kelompok pembeli yang dilayaniJawaban: b
Itulah soal manajemen operasi lengkap jawaban dalam bentuk pilihan ganda. Semoga contoh soal dan jawaban diatas bisa membantu saudara/ri.