Soal Ekonomi Tentang Pengembangan Produk Lengkap Jawaban
Friday, October 20, 2017
Edit
Pada postingan kali ini akan diberikan soal pilihan ganda tentang pengembangan produk lengkap jawaban. Soal ini diperuntukkan sebisa mungkin untuk menilai pemahaman tentang pengembangan produk .
-
a. Memahami kelemahan-kelemahan para pesaingb. Memahami keunggulan produk pesaingc. Memahami lingkungan perusahaand. Memahami kebutuhan pelanggan di setiap segmen pasarJawaban: d
- Agar kita dapat membuat desain produk dengan benar, maka kita perlu mengenal komponen produk terlebih dahulu. Berikut adalah 3 komponen utama produk, yaitu..a. Merek, harga dan manfaatb. Merek, harga dan kemasanc. Merek, ide dan hargad. Merek, ide dan kemasanJawaban: d
- Fase pengembangan produk baru ketika secara fisik produk didesain agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus memenuhi spesifikasi teknis disebut fase ....a. Pengembangan konsepb. Perencanaan produkc. Desain produkd. Pengembangan ideJawaban: c
- Proses desain produk dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan perusahaan lain yang menspesialisaikan diri membuat komponen produk tertentu bagi perusahaan. Perusahaan semacam ini disebut ….a. Produsen kontrakb. Distributor utamac. Pemasokd. PerantaraJawaban: a
- Strategi memproduksi barang dan jasa yang terstandarisasi tetapi memasukkan beberapa tingkatan kastemisasi pada produk atau jasa akhir, disebut..a. Kastemisasi personalb. Kastemisasi massac. Kastemisasi Individud. Kastemisasi perusahaanJawaban: b
- Pengembangan produk baru atau perbaikan produk, merupakan contoh dari tipe inovasi….a. Manajemenb. Prosesc. Produkd. JasaJawaban: c
- Suatu bentuk kesepakatan atau perjanjian antara dua atau lebih pihak untuk berbagi pengetahuan, teknologi, dan sumber daya yang dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat, merupakan salah satu bentuk analisis....a. Internalb. Strategikc. Eksternald. StandarJawaban: b
- Untuk dapat mempertahan produk pada fase pertumbuhan, maka strategi yang baik digunakan adalah...a. Menambah kapasitas produk baru yang lebih berfariasi untuk memperluas permintaan konsumenb. Menambah kapasitas produk yang sudah ada untuk menampung peningkatan permintaan produkc. Mengirangi produk yang sudah ada agar permintaan dapat dibatasid. Mengganti produk baru untuk menampung peningkatan permintaan produkJawaban: b
- Pengelompokan komponen-komponen atau bagian-bagian rakitan dalam satu unit yang menjadikan kelompok komponen-komponen tersebut menjadi mudah untuk digantikan atau dipertukarkan, disebut sebagai desain...a. Modulerb. Tertundac. Katemisasid. LancarJawaban: a
- Pendekatan tradisional menunjukkan bahwa teknologi akan ditransfer secara bertahap antara pemasaran, teknis, dan operasi. Proses ini dinamakan proses sekuensial yang berarti bahwa...a. Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya sendiri-sendiri sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.b. Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya bersama-sama sebelum berlanjut ke tahap berikutnya.c. Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya sendiri-sendiri setelah selesainya tahap berikutnya.d. Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya bersama-sama setelah selesainya tahap berikutnya.Jawaban: b
- Dukungan komputer dalam proses operasi yang digunakan untuk menggambarkan atau mensimulasikan fungsi desain teknis produk merupakan pengertian ....a. Computer-Design Manufacturing (CDM)b. Computer-Integrated Manufacturing (CIM)c. Computer-Aided Manufacturing (CAM)d. Computer-Aided Design (CAD)Jawaban: d
- Simulasi komputer dan model komputer geometri tiga dimensi, merupakan contoh dari jenis prototipe...a. Fisikb. Dimensionalc. Analitisd. AnalogyJawaban: c
- Aktifitas pemasaran yang berusaha untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan, merupakan pengertian....a. Dagangb. Promosic. Pertukaran dagangd. IklanJawaban: b
- Di pihak konsumen. kemasan merupakan bagian penting dari komponen produk yang biasanya berfungsi sebagai...a. Membantu konsumen mengenal nama produk dipasarkan oleh perusahaanb. Membantu konsumen dalam merencanakan jumlah produk yang akan dibelic. Membantu konsumen dalam menentukan hargad. Membantu konsumen menentukan harga dan jumlah barang yang akan dibeliJawaban: a
- Berikut adalah contoh inovasi penjualan suatu produk, dimana pengiriman barang dilakukan secara langsung, seperti...a. Penjualan secara online, melalui pemesanan lewat telepon dan melalui TVb. Penjualan secara online, melalui distributor dan agenc. Penjualan melalui TV, para sales, dan distributord. Penjualan melalui distributor besar dan kecilJawaban: a
- Produsen atau pabrik mendistribusikan produknya secara langsung kepada konsumen tanpa menggunakan perantara, merupakan pengertian dari..a. Distribusi tidak langsungb. Distribusi langsungc. Distribusi menggunakan perantarad. Distribusi onlineJawaban: b
- Pendistribusian suatu produk melalui representative (perwakilan) dan melalui distributor, merupakan contoh dari saluran distribusi..a. Langsungb. Tidak langsungc. Permanend. SementaraJawaban: b
- Pihak yang menjual produk atau jasa namun biasanya tidak memiliki persediaan sendiri, mereka melakukan pemesanan kepada produsen dan seringkali digunakan pada industri tertentu, misalnya asuransi atau real estate disebut …a. Pedagang besarb. Pedagang eceranc. Perwakiland. Perantara khususJawaban: c
- Pada materials management, yang bertanggung jawab atas masuknya bahan baku dan jasa adalah bagian ….a. Produksib. Pengadaanc. Pembeliand. DistribusiJawaban: c
- Pembeli dapat melihat barang-barang yang dijual melalui internet dan setelah dilakukan pemesanan dan pembayaran, barang akan langsung dikirim ke alamat pembeli, merupakan jenis penjualan yang dilakukan secara..a. Melalui distributorb. Lewat teleponc. Onlined. Melalui TVJawaban: c
- Pihak yang mendapatkan produk dari pedagang besar dan menjualnya kepada akonsumen disebut ....a. Grosirb. Perantara khususc. Perwakiland. Pedagang eceranJawab:D. Jawaban anda benar
- Salah satu keterbatasan pembelanjaan secara online adalah..a. Pembeli merasa kurang nyaman karena internet hanya mampu memberikan informasi dan visualisasi produk, bukan secara fisik.b. Biaya pemesanan barang melalui internet sangat mahal jika dibandingkan dengan membeli langsungc. Pemesanannya memakan waktu lama sehingga konsumen merasa jenuhd. Produk yang dipasarkan bisa ditiru oleh para pesaingJawaban: a
- Mode pengiriman barang yang cepat namun sangat mahal serta pengiriman hanya dapat dilakukan dalam jumlah tertentu merupakan ciri pengiriman melalui ....a. Truckb. Kereta apic. Kapal lautd. Pesawat udaraJawaban: d
- Kelebihan-kelebihan dari pemilihan mode transportasi jalan darat untuk menyalurkan produk ke konsumen adalah...a. Membutuhkan waktu pengiriman yang lama sampai ke konsumenb. Biaya yang dikeluarkan sangat mahalc. Barang dapat dikirim ke hampir semua lokasi dalam pulau.d. Hemat biaya dan menguntungkanJawaban: c
- Berikut adalah bidang-bidang fungsional yang turut mempengaruhi keputusan produk, yaitu…a. Unit pemasaran, keuangan dan SDMb. Para distributor, agen dan pengecerc. Rekan bisnis, distributor dan konsumend. Pesaing, rekan bisnis dan konsumenJawaban: a
- Fase-fase yang digunakan oleh perusahaan dalam mengembangkan produk baru secara umum meliputi..a. Mencari ide, merumuskan konsep dan melakukan uji cobab. Pengembangan konsep, desain produk, dan uji cobac. Mencari ide, mengembangkan konsep dan melakukan ujicobad. Pengembangan konsep, uji coba dan melakukan evaluasiJawaban: b
- Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa merupakan pengertian sempit dari …a. Produksib. Pabrikc. Teknologid. IndustriJawaban: c
- Pengertian teknologi menurut Schroeder, dalam arti sempit adalah ...a. Ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi manusiab. Aplikasi ilmu pengetahuan untuk memecahkan permasalahan manusiac. Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasad. Proses dan peralatan yang digunakan mendesain produkJawaban: c
- Strategi umum bersaing yang dikemukakan Porter, salah satunya adalah adanya kemampuan perusahaan untuk menyediakan nilai yang unik dan superior kepada pembeli dalam hal kualitas produk, fitur-fitur khusus, dan layanan purna jual, menurut Porter disebut sebagai strategi....a. Persaingan hargab. Persaingan bebasc. Kepemimpinan biayad. DiferensiasiJawaban: d
- Penetapan biaya rendah yang bertujuan untuk menguasai pasar yang luas, namun masih tetap memberikan keuntungan yang memuaskan, menurut Porter disebut sebagai strategi ....a. Fokus biayab. Kepemimpinan biayac. Diferensiasid. Fokus diferensiasiJawaban: b
- Inovasi dalam arti luas adalah ....a. Aplikasi praktik dan komersialisasi penemuan-penemuanb. Aplikasi untuk sekedar membuat suatu produk baruc. Aplikasi praktis yang digunakan untuk membuat suatu produkd. Aplikasi praktik pembuatan manufakturJawaban: a
- Gabungan dari usaha kreatif indiviu, fungsi operasional dan aktivitas organisasi, serta arsitektur perusahaan, merupakan proses…a. Inovasib. Radikalisasi produkc. Revolusi industrid. Kreatifitas perusahaanJawaban: a
- Inovasi minor terjadi apabila ada ….a. Peningkatan penggunaan teknologib. Peningkatan penggunaan modalc. Peningkatan penggunaan tenaga kerjad. Peningkatan penggunaan agen penjualanJawaban: a
- Inovasi merupakan rangkaian simultan pengetahuan didalam tiga fungsi yang akan membangun dan membesarkan inovasi, merupakan penyataan dari …a. Model rangkaian simultanb. Model interaktifc. Model lineard. Medel kebetulanJawaban: a
- Inovasi yang mengubah sebagian besar proses yang sudah ada, merupakan bentuk inovasi …a. Minorb. Radikalc. Inovasi aktifd. SedangJawaban: b
- Suatu bentuk kerja sama yang bersifat lebih fleksibel sehingga perusahaan dapat memperluas kerja sama tersebut dari waktu ke waktu apabila dirasa diperlukan disebut ….a. Outsourcingb. Joint venturec. Kolaborasid. Klaster industriJawaban: c
- Karena tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk mengembangkan suatu produk baru, maka dalam upaya pengembangannya dibutuhkan kerjasama internal, yaitu....a. Adanya kerjasama antar sesama perusahaan pengembang produk sejenisb. Adanya kerjasama antar departemen dalam perusahaanc. Adanya kerjasama lintas sektorald. Kerjasama dengan para agen penjualanJawaban: b
- Kegiatan mengurutkan produk secara menurun berdasarkan kontribusi rupiah individu masing-masing produk bagi perusahaan, disebut…..a. Aliansi Strategikb. Penentuan Produk Baruc. Analisis produk berdasarkan nilaid. Proses Perencanaan ProdukJawaban: c
- Fokus pada permasalahan yang sedikit tetapi penting dan bukan pada permasalahan yang banyak tetapi sepele untuk diterapkan pada bauran produk, disebut sebagai prinsip....a. Partisipasib. Pelayananc. Paretod. ProbabilitasJawaban: c
- Pendekatan pasar dan produk yang mendasar dengan memperhatikan para pesaing untuk memilih peluang-peluang pasar yang ada, merupakan pengembangan produk ditinjau dari aspek....a. Segmentasi pasarb. Perkembangan teknologic. Platform produkd. Strategi bersaingJawaban: d
Itulah di atas soal pilihan ganda tentang pengembangan produk lengkap
jawaban. Semoga bisa bermanfaat bagi yang menggunakan soal ini