Pembuatan Media Pembelajaran IPA SMP Tentang Besaran dan Satuan
Tuesday, November 15, 2016
Edit
Pembuatan Media Pembelajaran IPA SMP
Pembuatan Media Pembelajaran IPA SMP - Salam para sahabat guru semuanya khususnya bagi guru Mapel IPA SMP. Kali ini saya akan akan membagikan sebuah media pembelajaran yang mana media tersebut lanngsung bisa dipraktekkan bersama anak didik di sekolah dan cara ini juga bisa dijadikan sebagai tugas proyek kepada siswa.
Pembuatan Media Pembelajaran IPA SMP Besaran Pokok dan Turunan Serta Satuannya
A. KD 1.1: Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan
1. Tujuan pembelajaran:
- Melalui pengukuran menggunakan “Balok Besaran” peserta didik mampu mendeskripsikan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya.
- Melalui pengukuran menggunakan “Balok Besaran” peserta didik mampu menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan.
- Menggunakan tangga konversi satuan peserta didik mampu melakukan konversi satuan panjang, luas, volume dan massa secara sederhana.
2. Media sederhana yang dapat digunakan
- Balok Besaran
Gambar 2.2. Tangga Konversi |
3. Pembuatan dan penggunaan media
a. Balok Besaran
Cara Pembuatan
a) Bahan dan alat
Bahan
- Kardus tebal, minimal ukuran 40 cm x 30 cm
- Spidol 5 buah, masing-masing warna: hitam, merah, kuning, hijau dan biru
- Lem 1 botol kecil
- Gunting 1 buah
- Penggaris 1 buah
Cara Membuat
- Guntinglah kardus dengan ukuran: 10 cm x 5 cm sejumlah 2 buah, 15 cm x 5 cm sejumlah buah, dan 15 cm x 10 cm sejumlah 2 buah
- Rangkailah kardus menggunakan lem seperti gambar berikut.
- Berilah label dengan huruf A dan warnailah 4 sudut seperti tampak pada gambar berikut.
2) Penggunaan
a. Bagi Guru
“Balok Besaran” merupakan sebuah balok yang didesain guru dalam pembelajaran untuk pencapaian kompetensi mendeskripsikan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya. Balok dapat dibuat dengan bahan lain, misalnya triplek, kayu atau gabus yang menurut guru mudah didapat. Guru dapat melakukan pembelajaran dengan demonstrasi, tetapi akan lebih bermakna bila peserta didik melalukan percobaan. Dengan balok besaran guru dapat menanamkan konsep besaran utamanya besaran panjang, luas, dan volume.
Langkah-langkah guru dalam pembelajaran, apabila dilakukan secara kelompok:
- Siapkan balok besaran sejumlah kelompok.
- Bagikan balok besaran kepada peserta didik. (setiap kelompok 1 balok).
- Mintalah peserta didik untuk melakukan kegiatan sesuai lembar kerja siswa yang telah disediakan.
b) Bagi Peserta didik
Lembar Kerja
- Lengkapilah tabel berikut, melalui kegiatan pengukuran balok besaran menggunakan penggaris.
No | Panjang | Hasil Pengukuran | Biasa disebut | |
Besar | Satuan | |||
1 | Dari sudut merah ke sudut biru | Lebar | ||
2 | Dari sudut merah ke sudut kuning | |||
3 | Dari sudut merah ke sudut hijau | Panjang |
- Berdasarkan hasil pengukuran, tentukan luas bidang A dan volume balok, dengan melengkapi tebel berikut.NoBesaranRumusBesar dan satuan1Luas2VolumeJawablah pertanyaan berikut
- Apakah panjang, lebar dan tinggi memiliki satuan yang sama
- Berdasarkan tabel pada langkah i), apakah yang kamu dapatkan dari hasil pengukuran? (dapat diukur, memiliki besar dan satuan merupakan ciri yang dimiliki suatu besaran)
- Sebutkan perbedaan dan persamaan antara besaran panjang, luas, dan volum?
- Apa yang dimaksud dengan besaran?
- Apa yang dimaksud dengan satuan?
- Apa yang dimaksud dengan besaran pokok? Berilah contohnya.
- Lengkapilah Tabel berikut.
No | Besaran | Satuan | Simbol |
1 | Panjang | ||
2 | Massa | ||
3 | Waktu | ||
4 | Kuat arus | ||
5 | Suhu | ||
6 | Intensitas cahaya | ||
7 | Jumlah zat |